Balikpapan,djpbn.kemenkeu.go.id - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Balikpapan, Rabu (27/1) kemarin, meraih penghargaan Sertifikat ISO 9001:2008-Sistem Manajemen Mutu dari British Standards Institute (BSI). Penyerahan penghargaan itu, sekaligus launching penerapan sertifikasi tersebut
Sertifikasi diberikan oleh perwakilan BSI Grup Indonesia, Nailis Sa’adah kepada Kepala KPPN Balikpapan, Rohaniah. Disaksikan Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan Sudarto, Asisten II Sekprov Kaltim M Sya’bani, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kaltim Ade Rohman, perwakilan BPKB Kaltim, perwakilan KPPN daerah, instansi vertikal dan kepala SKPD. Tak terkecuali Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Madram Muchyar
Direktorat Jendral Perbendaharaan saat ini berusaha menjadi lokomotif terciptanya suatu tata kelola pemerintahan yang bersih, profesional, dinamis, dan mengedepankan fungsi pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan reformasi birokrasi Kementrian Keuangan, salah satu usaha untuk menjamin agar hal tersebut dapat berjalan sesuai target yang direncanakan, baik dari kerangka waktu maupun dari sisi kualitas diperlukan penjaminan mutu. “Ini juga sebagai bagian dari quality assurance dari reformasi birokrasi serta pengakuan atas layanan public terbaik yang memenuhi standar pelayanan public kepada mitra kerja di wilayah kerjanya melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008,” kata Sudarto
Pasca sertifikasi ISO, KPPN Balikpapan diharapkan terus melalukan peningkatan kualitas pelayanan kepada publik melalui perubahan pola pikir, disiplin, dan budaya kerja, penyediaan prasarana dan sarana kerja dan fasilitas pendukung lainnya yang memadai termasuk manajemen kinerja sehingga kualitas pelayanan publik selalu dapat ditingkatkan sesuai dengan tuntutan masyarakat. “Diharapkan seluruh pejabat dan pegawai KPPN Balikpapan dapat terus meningkatkan kinerja layanannya dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Kementerian Keuangan,” kata Ade Rohman
Untuk itu ke depan, lanjut Ade, sertifikat ISO ini juga dapat di raih 4 KPPN lainnya yakni KPPN Samarinda, Tanjung Redeb, Tarakan dan Nunukan. “Khusus KPPN Samarinda, rencananya tahun 2016 akan kami didampingi untuk bisa meraih sertifikat tersebut,” ungkapnya
Terpisah Nailis mengatakan, sertifikat ISO yang diperoleh KPPN Balikpapan telah melalui proses audit yang ketat baik audit internal maupun eksternal yang dilakukan badan sertifikasi international BSI Grup Indonesia. “Proses auditnya ada dua kali, dilakukan tidak lebih satu bulan dengan kriteria sesuai klausul SOP yang dijalankan. Dan ada 17 daerah lainnya yang juga ikut audit.” Pungkasnya
Sementara Rohaniah menegaskan, keberhasilan penerapan sistem manajemen mutu ISO pada KPPN sangat dipengaruhi komitmen seluruh pegawai KPPN dan dukungan penuh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kaltim serta kantor pusat Ditjen Perbendaharaan dalam rangka menjaga kualitas layanan dan berjalannya sistem pengendalian internal yang optimal
“Sertifikasi ISO yang diraih merupakan hasil kerja segenap pegawai yang telah melaksanakan evaluasi gap analysis, pelatihan dan persiapan, pengembangan sistem impelementasinya, serta audit internal dan tinjuan manajemen. Komitmen dalam menjaga performance dari layanan yang diberikan kepada stakeholder telah mendorong kualitas layanan KPPN untuk pengelolaan keuangan negara yang baik,” katanya
Menurut Rohaniah, memberikan pelayanan terbaik telah menjadi keseharian dan budaya kerja KPPN Balikpapan. Kinerja baik dari KPPN Balikpapan telah menudukung pembangungan daerah dari sisi kelancaran penyaluran APBN. “KPPN Balikpapan selalu berkomitmen penuh melaksanakan pelayanan kepada stakeholder dengan selalu menjujung tinggi nilai-nilai kementrian keuangan, serta meningkatkan kepatuhan terhadap proses bisnis dan SOP yang telah ditentukan,” pungkasnya. Pada kesempatan tersebut, Walikota Balikpapan dan Asisten II Sekda Provinsi Kaltim berharap seluruh Kantor Instansi Vertikal dan SKPD di wilayah Kaltim bisa mencontoh keberhasilan KPPN Balikpapan dengan meningkatkan kualitas layanannya.
Oleh : Kontributor Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalimantan Timur