Berita Regional

Seputar Ditjen Perbendaharaan

Majukan Perekonomian di Wilayah Lombok Timur, KPPN Selong Adakan Pelatihan bagi Pelaku UMKM

Pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan hal yang sangat penting bagi perekonomian nasional karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia. Namun demikian, UMKM di berbagai daerah umumnya menghadapi berbagai tantangan atau permasalahan, diantaranya yang paling klasik adalah soal modal atau akses keuangan, pemasaran/promosi, infrastruktur, perizinan, regulasi dan birokrasi serta keterbatasan keterampilan dan pengetahuan sehingga berefek pada kurangnya inovasi dan pemanfaatan teknologi.


Berkaitan dengan hal tersebut, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Selong melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Produktivitas bagi pelaku usaha/UMKM yang ada di wilayah Lombok Timur pada hari Senin s.d. Jumat, 31 Juli s.d. 4 Agustus 2023 bertempat di Aula Antara Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan koordinasi antara KPPN Selong dan BPVP Lombok Timur yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bagi pelaku usaha/UMKM yang ada di wilayah Lombok Timur.

“Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan pelatihan ini dapat membantu para pelaku usaha/UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan mencetak SDM/pelaku usaha yang berkompeten, sehingga berujung pada meningkatnya skala usaha dan dapat meningkatkan perekonomian khususnya di Lombok Timur serta di Indonesia secara umum,” tegas Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Selong Yuspartinah saat penutupan acara.
 
Kegiatan ini diikuti oleh para pelaku usaha/UMKM yang ada di wilayah Lombok Timur yang merupakan UMKM Binaan KPPN Selong, Bank BNI Kantor Cabang Selong dan Bank BSI Kantor Cabang Selong, berjumlah 100 orang yang dibagi kedalam 4 kelas dan dilaksanakan secara luring selama 5 hari/40 Jam Pelajaran (JP), terhitung mulai Hari Senin s.d. Jumat, 31 Juli s.d. 4 Agustus 2023 bertempat di BPVP Lombok Timur.

Para pelaku usaha/UMKM mendapat pelatihan dengan metode pembelajaran berupa ceramah, diskusi, studi kasus dan praktik oleh instruktur/pengajar berpengalaman yang berasal dari Direktorat Bina Peningkatan Produktivitas Kemenaker RI, Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi dan dari perbankan yaitu Bank BNI Kanca Selong serta Bank BSI Kanca Selong. (Kontributor: Victor Saragi Sidabalok, Kepala Subbagian Umum KPPN Selong)

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)