Jl. Mayjen D.I. Panjaitan No. 24 Banjarmasin

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Pembinaan BLUD Periode Semester I Tahun 2018

Kanwil DJPb Provinsi Kalsel menyelenggarakan kegiatan permbinaan BLUD periode semester I tahun 2018 dalam bentuk studi perbandingan dan/atau pertukaran informasi ke 8 RSUD di Wilayah Kalsel.

Pelaksanaan pembinaan  BLUD meliputi pengambilan data (survey) berupa kuisioner terhadap 3 aspek yaitu Analisa kesesuaian BLUD dengan PP No.23/2005 JO.PP NO.74/2012 dan Permendagri No.61 Tahun 2007 dalam perencanaan dan penganggaran serta pengelolaan pendapatan dan belanja, laporan keuangan serta surplus dan defisit; Ikhtisar Layanan BLUD; dan Daftar Badan Layanan Umum. Kegiatan dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2018.

Kedelapan RSUD yang dikunjungi tersebut adalah RSUD H. Damanhuri Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah, RSUD H. Hasan Baseri Kandangan Kab. Hulu Sungai Selatan, RSUD H. Badaruddin Tanjung Kabupaten Tabalong, RSUD Balangan  Kabupaten Balangan, RSUD Dr. H.

Abdurrahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu, RSUD H. Boejasin Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, RSUD Kotabaru Kabupaten Pulau Laut, dan RSUD Ulin Banjarmasin.

Dari Hasil Pembinaan ke BLU Daerah dapat disampaikan bahwa RSU BLUD di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan secara umum telah melaksanakan tata kelola keuangan sesuai PP Nomor 23/2005 JO PP Nomor 74/2012 dan PERMENDAGRI Nomor 61 Tahun 2007. Untuk layanan bidang kesehatan sebagian rumah sakit daerah masih minim jenis layanannya serta untuk jenis usaha lainnya sebagian besar RSUD masih pada jenis usaha sewa kantin, sewa parkir dan sewa ATM.  Oleh karena itu dapat diberikan saran agar tata kelola keuangan BLUD pada RSUD yang sudah baik untuk dipertahankan dan perlu terus ditingkatkan, serta sebagian RSUD perlu meningkatkan/menambah jenis layanannya sehingga semakin banyak jenis layanan yang dapat diterima oleh masyarakat.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

Search