Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Dirjen Perbendaharaan Berharap PRIME Conference IAEI Hasilkan Riset Berorientasi Kebijakan

Berkolaborasi dengan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) Universitas Indonesia, Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) menyelenggarakan Policy-Oriented Research in Islamic Economics and Finance (PRIME) Conference 2023 (17/7). Acara yang berlangsung di Auditorium R. Soeria Atmadja Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Depok ini mengangkat tema “On the Development of Islamic Economic Policies for a More Sustainable Post-Pandemic Recovery”.

PRIME Conference 2023 yang berlangsung dua hari ini menghadirkan pembicara yang mewakili kalangan akademisi, praktisi industri dan pemerintah dari lembaga terkemuka di Indonesia dan Internasional.

Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti sebagai perwakilan pemerintah sekaligus Sekjen IAEI, dalam paparannya menjabarkan bahwa ekonomi Islam pada akhirnya hadir untuk menjawab isu-isu sosial-ekonomi di masyarakat. Dirjen Perbendaharaan meyakini bahwa hal Inilah yang menjadi penyebab mengapa pengetahuan terapan harus dibentuk oleh penelitian yang berorientasi pada kebijakan yang dilakukan oleh para ekonom Islam dalam kemitraan dengan para pembuat kebijakan, industri, dan donor, sesuai dengan prinsip kolaborasi N-Helix.

Dirjen Perbendaharaan berharap PRIME Conference 2023 dapat memicu para peneliti, akademisi, dan pakar ekonomi Islam untuk melakukan riset berorientasi kebijakan untuk memecahkan masalah-masalah nyata yang terjadi di dunia.

“Pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana ekonomi Islam menawarkan kebijakan untuk memerangi isu-isu seperti inflasi, ketidaksetaraan, kelaparan, dan perubahan iklim perlu dijawab oleh para ekonom Islam,” ujar Dirjen Perbendaharaan. [AAW]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search