Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

ASEAN Treasury Forum Seminar: Optimalkan Pengelolaan Kas Pemerintah untuk Pembangunan Berkelanjutan

Dalam rangkaian ASEAN Finance Ministers’ dan Central Bank Governors’ Meeting (AFMGM), seluruh negara ASEAN telah menyatakan persetujuan dan dukungan atas pembentukan ASEAN Treasury Forum (ATF) yang diinisiasi Indonesia sejak tahun 2023 lalu. Mengangkat tema "Optimizing Government Cash Management for Sustainable Development", ASEAN Treasury Forum Seminar digelar secara langsung di Luang Prabang, Laos, Rabu (03/4) dan dibuka oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti selaku Head of Delegates (HoD) Indonesia.

“Pemerintah harus memiliki pemantauan harian yang akurat dan perkiraan kas yang dapat diandalkan untuk mendukung pengambilan keputusan dan memastikan bahwa setiap kebijakan keuangan diambil secara efektif dan efisien,” ungkap Dirjen Perbendaharaan dalam pidato pembuka ASEAN Treasury Forum Seminar.

Sebagai bagian dari kebijakan pengelolaan perbendaharaan dan fiskal, pengelolaan kas harus mendukung peran countercyclical pada saat krisis. Sebagaimana dicatat dalam pertemuan G20 di Sao Paulo, Brasil pada bulan Februari lalu, peluang ekonomi global menuju soft landing sangat besar, hal ini ditunjukkan oleh pertumbuhan yang tangguh, meskipun terdapat perbedaan antar negara dan wilayah. Namun dibandingkan dengan pandemi COVID sebelumnya, pertumbuhan ekonomi global ini masih berada di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi pada tahun 2000 hingga 2019. 

“Pembelajaran dari pandemi adalah bahwa Pemerintah memerlukan sistem pengelolaan kas yang terintegrasi dan saling berhubungan yang dapat memberikan informasi komprehensif mengenai pendapatan dan belanja pemerintah sepanjang tahun anggaran, sehingga pembuat kebijakan dapat memperkirakan dana jangka pendek yang tersedia dan potensi kas menganggur sementara,” jelas Dirjen Perbendaharaan menegaskan peran perbendaharaan sebagai bagian dari manajemen kebijakan fiskal.

Dipandu oleh moderator dari TV Nasional Laos, ASEAN Treasury Forum Seminar menghadirkan tiga narasumber sebagai pembicara yaitu Deputi Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Laos Boualuengkhin Douangsavanh, Direktur Pengelolaan Kas Negara DJPb Noor Faisal Achmad, dan Pejabat Bantuan Teknis untuk Sektor Fiskal, Departemen Urusan Fiskal, International Monetary Fund (IMF) Holger van Eden. 

ASEAN Treasury Forum Seminar sebagaimana dijelaskan oleh Dirjen Perbendaharaan bertujuan untuk menyediakan platform bagi pembicara dan peserta yang terhormat untuk terlibat dan berbagi perspektif dan pengalaman berharga mereka tentang bagaimana pengelolaan kas ditangani di masing-masing negara selama keadaan normal atau bahkan dalam masa krisis. Semua peserta diharapkan untuk terlibat dalam diskusi dan secara aktif berbagi pengetahuan karena wawasan dari setiap individu tentunya akan sangat berharga dalam memperkuat praktik pengelolaan kas di kawasan ASEAN. [NS]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)