Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Dari Lembang, Tim SPAN Membangun Komitmen Kebersamaan

Sekali lagi, Direktur Jenderal Perbendaharaan Herry Purnomo mengingatkan tentang betapa pentingnya  membangun dan menjaga kebersamaan dalam meraih kesuksesan. Dalam pengarahannya di hadapan para peserta &ldquoMembangun Inovasi, Kreativitas, dan Kerjasama Tim Penyempurnaan Modul SPAN dan Tim Penyempurnaan Aplikasi Satker&rdquo yang berlangsung pada tanggal 16 s.d. 18 Juli 2010 di Lembang, Bandung, beliau menegaskan bahwa team building sangat penting dalam rangka mengembangkan dan mensukseskan pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). &ldquoManajemen sumber daya manusia yang kita lakukan telah berhasil menghilangkan batasan-batasan yang ada. Para pegawai harus saling mengenal bisnis proses antar-direktorat, apalagi untuk menyelesaikan SPAN,  sebuah proyek yang sangat strategis bagi pengelolaan keuangan negara&rdquo, tegas beliau.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Perbendaharaan mengingatkan kembali tentang masa-masa suram di periode awal pembentukan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Pada saat itu ada dua komponen utama di dalam jajaran pegawai yang seperti saling mendikotomikan, yakni pegawai yang berasal dari Ditjen Anggaran dan BAKUN (Badan Akuntansi dan Keuangan Negara). &ldquoBelum lagi kalau dilihat dari pendidikannya, ada yang dari D-I, D-III, D-IV (Program Diploma I, III, IV STAN- red.), S-1, dan yang lainnya. Namun berkat upaya team building yang kita lakukan, sekarang Ditjen Perbendaharaan sudah berhasil menjadi sebuah melting pot yang solid&rdquo, imbuh beliau mengapresiasi.

Selanjutnya, dalam pengarahan yang juga dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan K. A. Badaruddin, Direktur Pengelolaan Kas Negara Tata Suntara, Direktur Sistem Perbendaharaan Bambang Isnaeni Gunarto, dan Direktur Sistem Manajemen Investasi Anandy Wati tersebut, Herry Purnomo menambahkan bahwa kebersamaan harus dipadukan dengan kemampuan menjadi seorang fast learner, inovatif, kreatif, dan berfikir out of the box. Beliau mencontohkan, betapa tanpa diinstruksikan banyak KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) yang berinisiatif membuat dan mengenakan seragam. Selain menunjukkan esprit de corp, imbuh beliau, seragam juga menggambarkan bahwa kita adalah satu kesatuan yang memiliki komitmen bersama untuk melayani masyarakat.

Di samping sesi pengarahan Dirjen Perbendaharaan, kegiatan kebersamaan itu juga mengetengahkan beberapa sesi lain dengan materi yang inspiratif untuk membangun komitmen, seperti Workshop Creative Thinking, Team Building, Renungan Membangun Motivasi untuk Meraih Sukses, disertai dengan penyelenggaraan permainan-permainan yang menantang, seperti off-road, paint gun, dan ATV. Rangkaian acara  yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 121 orang perwakilan dari empat komponen dalam SPAN. Empat komponen itu antara lain:

1. Counterpart bisnis proses (Direktorat Tranformasi Perbendaharaan), yang bertugas merancang bisnis proses treasury yang akan datang
2. Functional consultant dari LG Communication Management System (LG CMS), yang bertugas mengembangkan sistem informasi SPAN
3. Business owner, yaitu Direktorat dan KPPN
4. Tim Aplikasi

Dalam sesi Renungan Membangun Motivasi untuk Meraih Sukses yang menghadirkan Zain Abidin, dipaparkan bahwa salah satu elemen untuk mencapai kesuksesan adalah syukur. Salah satu manifetasi rasa syukur itu adalah dengan mengemban tugas-tugas organisasi dengan kemampuan optimal yang kita bisa. Semoga dengan dukungan dari personil-personil yang mempunyai komitmen dan motivasi  seperti itu, pada akhirnya SPAN akan terimpementasi dengan sukses.

Tim Liputan Media Center: Hendy, Reno, dan Edy Kus.

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)