Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Dirjen Perbendaharaan: “Promosi Merupakan Reward Atas Prestasi Dan Bentuk Kepercayaan Pimpinan”

Liputan pelantikan pejabat di Kantor Pusat DJPBN
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash  Pembinaan dan penyegaran SDM menjadi sebuah kebutuhan dalam organisasi. Kedua hal tersebut diyakini akan menjadikan gerak organisasi lebih dinamis dan produktif, seperti halnya Ditjen Perbendaharaan.

&ldquoMutasi adalah hal yang biasa dan telah menjadi sebuah kebutuhan organisasi, dalam kaitannya untuk pengisian jabatan yang kosong dan pembinaan karir SDM. Di Ditjen Perbendaharaan, kita mengenal dua hal yang mendasari mutasi, yaitu promosi dan penyegaran,&rdquo kata Herry Purnomo, Direktur Jenderal Perbendaharaan saat memberikan pengarahan usai melantik 81 pejabat di Kantor Pusat DJPBN, 9 orang pejabat eselon III dan 72 orang pejabat eselon IV. &rdquoUntuk yang promosi, tentu saja ini merupakan sebuah penghargaan atas prestasi,&rdquo lanjut beliau.

Herry Purnomo juga menyampaikan bahwa bagi seorang pegawai yang mendapatkan promosi atau menduduki jabatan baru yang lebih tinggi artinya mendapatkan sebuah kepercayaan dari pimpinan atas kinerjanya selama ini. &ldquoPromosi ini merupakan kepercayaan dari organisasi. Kepercayaan dari pimpinan. Kalau nggak percaya tentu nggak akan kami promosikan,&rdquo tambah beliau.

Beliau juga menambahkan bahwa mutasi atau pergeseran jabatan dari satu tempat ke tempat yang lain merupakan sarana organisasi untuk mengasah kemampuan pegawai, disamping untuk memperkaya pengalaman. &ldquoBagi yang mutasi, ini adalah sarana untuk mengasah kemampuan sekaligus memperkaya pengalaman,&rdquo tegas Dirjen Perbendaharaan.

Hal lain yang menjadi perhatian beliau adalah variasi pekerjaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang beragam dan menantang sehingga diperlukan peningkatan kemampuan dan pengalaman yang berkesinambungan. &ldquoSaya harap Saudara-saudara sekalian dapat cepat belajar dan memahami pekerjaan di tempat penugasan yang baru. Jangan pernah berhenti belajar,&rdquo pesan Herry Purnomo di hadapan para pejabat eselon III dan IV yang baru saja dilantik.

Dalam kesempatan tersebut, Herry Purnomo juga menyampaikan pesan bagi para pegawai di Kanwil Ditjen Perbendaharaan, antara lain mengenai penerapan layanan unggulan di Kanwil Ditjen Perbendaharaan. &ldquoBanyak harapan yang dibebankan kepada kawan-kawan di Kanwil. Kanwil harus melakukan implementasi peraturan dan juga harus terus melakukan inovasi. Khusus untuk pembinaan, Kanwil harus berani keluar dari tupoksi, yang penting sesuai dengan akuntabilitas dan dasar hukum yang sudah ada,&rdquo lanjut beliau.

Kasus mengenai dokumen palsu mirip DIPA yang sempat mencuat beberapa hari yang lalu, juga tidak luput dari perhatian Dirjen Perbendaharaan. &ldquoKanwil juga perlu mewaspadai adanya kejahatan terutama menyangkut tupoksi kita. Jangan sampai terjadi lagi kasus DIPA palsu. Berbicaralah ke satker di daerah, jelaskan mengenai bentuk dokumen, alur dan sistem DIPA yang sebenarnya. Pelayanan di KPPN sudah cepat, jadi tidak perlu menerima tawaran dari calo anggaran,&rdquo pesannya kepada para pejabat yang baru saja diangkat sumpahnya itu. Beliau menambahkan, &ldquowalaupun kasus tersebut belum sampai membobol negara, kita harus memmperhatikan kualitas keamanan dan tetap melaksanakan SOP yang sudah ditentukan.&rdquo

Mengenai reformasi birokrasi yang telah menunjukkan hasil yang sangat baik, Herry Purnomo menegaskan agar terus dijaga. &ldquoPelayanan prima sebagai tuntutan reformasi memang sulit dilaksanakan. Tetapi tetap harus dilakukan. Reformasi di lingkungan kita sudah sangat baik, berbagai pungutan sudah tidak ada lagi. Ini harus dijaga. Harus tetap konsisten terhadap perubahan kea rah yang lebih baik,&rdquo lanjut Dirjen Perbendaharaan. &ldquoBagi yang baru promosi, cepat belajar dan ciptakan sesuatu yang baru,&rdquo pesannya lagi menutup arahannya.

Oleh  : Bambang Kismanto dan Firman Imam Santoso &ndash Media Center Perbendaharaan

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)