Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Menkeu : Seperti Inilah Profil Kantor Pelayanan Yang Saya Harapkan

Liputan Kunjungan Kerja Menteri Keuangan ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali
Denpasar, perbendaharaan.go.id - Menteri Keuangan, Agus Martowardoyo memberikan pujiannya saat pertama kali memasuki ruangan front office KPPN Denpasar. Kegiatan tersebut mengawali kunjungan kerja beliau ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Bali hari Selasa (19/10).

&ldquoYang seperti inilah profil Kantor Pelayanan yang saya harapkan.&rdquo Puji Agus. Kesan yang terucap dari Menteri Keuangan tersebut terasa bagaikan angin yang menyejukkan ditengah harap-harap cemas seluruh jajaran pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Bali  tentang seperti apa kesan beliau ketika akan meninjau kondisi KPPN Denpasar dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Bali.

Di tengah kesibukan beliau, sosok number one di Kementerian Keuangan yang begitu enerjik itu menyempatkan diri untuk mengunjungi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali. Setelah puas meninjau tampilan front office dan ruang kerja pegawai KPPN Denpasar, didampingi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Bali, Ni Luh Putu Kumalawati dan jajaran pejabat Eselon III, Menteri Keuangan selanjutnya meninjau ruang Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali.

Satu persatu petugas Front Office Kanwil mendapat kesempatan untuk menerima jabat tangan erat dari Menteri Keuangan. Sangat jelas terpancar raut kebanggaan dari para pegawai ketika tangan dan mata mereka bertatap dengan Menteri Keuangan Republik Indonesia, pejabat yang selama ini hanya bisa mereka saksikan melaui media cetak maupun elektronik. Meski sebelumnya mereka sempat sangat terkaget-kaget karena pengumuman kedatangan Menkeu sangat mendadak.

Dalam kesempatan ramah tamah, beliau menyempatkan untuk mencicipi jajanan tradisional khas Bali dan menyampaikan keinginannya untuk suatu saat kembali mengunjungi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali.

Sebelum meninggalkan Kanwil, beliau memberikan waktu untuk foto bersama. Tentu saja moment ini tidak disia-siakan oleh para pegawai untuk &ldquomenyusup&rdquo sedekat mungkin bersama Menkeu agar bisa diabadikan.

Kunjungan ini memang sangat singkat, hanya sekitar setengah jam beliau menengok &ldquoanak-anaknya&rdquo. Namun, sangat memberi arti bagi keluarga besar Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, apalagi kesan beliau terlihat sangat positif terhadap tampilan front office Kanwil dan KPPN.  

Senyum yang hangat, sapa ramah dan jabat tangan erat dari pucuk pimpinan kepada para front liner merupakan bentuk penghargaan, perhatian dan suntikan energi untuk tetap menjaga spirit meneruskan gelora reformasi birokrasi yang tak boleh padam. Memang bukan perkara gampang untuk senantiasa menjaga etos kerja dengan performa ekselen. Namun, salah satu indikator kualitas kerja seseorang, adalah respon terhadap pengawasan. Ada atau tidak ada pimpinan yang memonitor, apakah ada perbedaan output yang dihasilkan?

 

Kontributor : Djoko Julianto dan Heru P. Nugroho
Editor : Novri S.T. &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)