Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Bertekad Wujudkan Transformasi Kelembagaan, Pejabat Dsp Tanda Tangani Kontrak Kinerja

Liputan rapat koordinasi Direktorat Sistem Perbendaharaan (DSP)
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash Seluruh jajaran pejabat baik eselon dua maupun eselon tiga bertekad mewujudkan transformasi kelembagaan. Tekad tersebut tersirat pada acara penandatanganan kotrak kinerja antara pejabat eselon tiga dan dua. Acara bertajuk rapat koordinasi tersebut diselenggarakan di Jakarta, Senin (28/03).
Acara yang dipimpin langsung oleh Direktur Sistem Perbendaharaan, Abdul Rachman Ritonga tersebut mengangkat tema &ldquoBersama Kita Satukan Tekad Menuju Transformasi Kelembagaan&rdquo.  Di samping berisi penandatanganan kontrak kinerja, acara yang merupakan rapat koordinasi itu dibahas Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemenkeu-Three lingkup Direktorat Sistem Perbendaharaan tahun 2011 sekaligus evaluasi kegiatan Triwulan I Tahun 2011.  Kontrak kinerja sendiri lebih dikenal sebagai Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three Tahun 2011. Semua pejabat eselon tiga menandatangani kontrak tersebut bersama Direktur Sistem Perbendaharaan.
&ldquoKontrak kinerja ini merupakan wujud dari komitmen bersama,&rdquo kata Sulaimansyah selaku Manajer Kinerja Tingkat Eselon II dalam pengantarnya. &ldquoDalam pelaksanaannya nanti masing-masing subdit dalam lingkup Dit. SP akan bahu membahu membentuk sebuah rantai.  Sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai secara maksimal,&rdquo lanjutnya.
&ldquoSelain itu kinerja IKU Kemenkeu-Three akan menjadi acuan dalam penyusunan IKU Kemenkeu Four dan Kemenkeu Five. Ketika terdapat permasalahan pada satu subdit, maka subdit yang lain akan saling menyokong, sehingga terbentuk sebuah Transformasi Kelembagaan&ldquo, jelasnya lagi.
RAKOR Dit SPSelanjutnya masing-masing Kasubdit lingkup Direktorat Sistem Perbendaharaan mempresentasikan draf final Kontrak Kinerja IKU Kemenkeu-Three Tahun 2011, termasuk juga pencapaian IKU pada Triwulan I Tahun 2011. Secara garis besar Kontrak Kinerja IKU Kemenkeu-Three Tahun 2011 lingkup Dit. SP terdiri atas 39 IKU Cascading dari IKU Kemenkeu-Two Dit. SP dan 4 IKU Complement.
Pada saat ini Dit. SP melakukan IKU tentang kepuasan stakeholder dalam hal pelayanan jaringan, hardware, dan data, yang akan memacu Direktorat Sistem Perbendaharaan dalam rangka melayani Kantor Pusat, Kanwil Ditjen Perbendaharaan, dan KPPN dalam hal kepuasan pelayanan jaringan, hardware, dan data. Ini adalah sebuah keberanian melakukan tantangan di masa depan.
Pada puncak acara satu per satu dari lima Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three Tahun 2011 lingkup Direktorat Sistem Perbenaharaan telah berhasil ditandatangani. Djazuli yang adalah Kasubdit PPP I, mendapat giliran pertama menandatangani kontrak. Diikuti secara berurutan Sulaimansyah, Kasubdit PPP II, Bagus Konstituante, Kasubdit Pengembangan Aplikasi sekaligus menandatangani Kontrak Kinerja IKU Kemenkeu-Three Tahun 2011 Subdit PBD DTI, dan pada kesempatan terakhir adalah Fahma Sari Fatma selaku Kasubdit Pengembangan Profesi.
Selanjutnya masing-masing kontrak kinerja ditandatangani Direktur Sistem Perbendaharaan dan diserahkan kembali kepada masing-masing Subdit sebagai simbol bahwa masing-masing Subdit telah siap untuk melaksanakan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three Tahun 2011.
Pada acara penutupan, Direktur Sistem Perbendaharaan menyampaikan pesan agar segenap jajaran Direktorat Sistem Perbendaharaan tidak berpuas diri terhadap pencapaian IKU Triwulan I.
&rdquoJangan berpuas diri terhadap pencapaian IKU triwulan pertama. Teruslah bersungguh-sungguh melaksanakan Kontrak Kinerja IKU Kemenkeu-Three Tahun 2011, sehingga dapat tercapai hasil yang maksimal,&rdquo pesan beliau menutup acara rapat koordinasi.

 

Oleh : Kontributor Direktorat Sistem Perbendaharaan
Editor : Bambang Kismanto &ndash Media Center Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)