Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Tiga KPPN Bersatu Menjaga Kobaran Api Reformasi

Liputan Motivational Achievement KPPN Percontohan Tahap II
Bogor, perbendaharaan.go.id &ndash
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan Bandung I, Bandung II, dan Serang  bersatu menjaga kobaran api reformasi.  Hal itu terjadi saat simulasi permainan dalam rangkaian acara Motivational Achievement KPPN Percontohan, Sabtu (14/5), di Bogor.

Menanggalkan atribut dan ke-ego-an kantor masing-masing, seluruh peserta melebur menjadi satu. Mereka diberi tugas mempertahankan nyala api lilin yang menjadi simbol reformasi. Meskipun dihadang berbagai rintangan mereka mampu mempertahankan kobaran api lilin hingga batas yang ditentukan. Tak pelak mereka pun rela berbasah-basah dihujani &lsquobom air&rsquo, &lsquohujan buatan&rsquo, dan &lsquopenembak jitu&rsquo demi mempertahankan kobaran reformasi itu.

mov acvMotivational Achievement KPPN Percontohan kali ini dibuka oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa barat, Seto Utarko, mewakili Sekretaris Ditjen Perbendaharaan. Dalam sambutannya, Seto mengapresiasi kegitan tersebut sebagai ajang penyegaran dan pengembangan diri bagi para pegawai di sela rutinitasnya.

Setelah seharian menyelesaikan rangkaian permainan alam terbuka (low impact outbond) , peserta diberi sesi ceramah motivasi. Sesi tersebut dibawakan oleh motivator sekaligus praktisi NLP,  Andri Andriansyah. Ceramah motivasi mencakup cara pandang dan pola pikir &ldquosehat&rdquo secara psikologis, sikap bersyukur dan memaknai hidup secara positif, menyingkirkan penghalang serta memahami potensi dan keunggulan diri, serta komitmen dalam pengembangan diri.

Kesokan harinya, peserta mendapat ceramah manajerial dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Seto Utarko,  juga Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, S. Bambang  Suroso. Seto Utarko memberikan ceramah mengenai manajemen  kejenuhan dalam bekerja. Seto pun berbagi pengalaman dan memotivasi seluruh jajarannya untuk tetap semangat dalam bekerja.

mov acvSementara itu, S. Bambang  Suroso membahas peran KPPN Percontohan dalam keberlangsungan dan kelanjutan reformasi birokrasi. Bambang juga mengulas keberlangsungan acara ini sebagai pembentukan tim yang Kuat. &ldquoDengan kegiatan ini (simulasi permainan, red.) terbukti kita enggak  mampu bekerja sendiri. Untuk itu perlu teamwork yang Kuat,&rdquo ujarya.

Meskipun peserta tidak hanya dari kalangan pegawai muda, namun seluruh pesrta terlihat antusias dengan kegiatan tersebut. &ldquoKegiatan seperti ini dampaknya luar biasa. Kalau bisa diadakan secara berkala,&rdquo ujar Setiawan peserta dari KPPN Percontohan Serang.

 

Oleh: Novri H.S. Tanjung &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)