Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

77 Pegawai Ditjen Perbendaharaan Ikuti Seleksi Beasiswa Internal

Liputan Seleksi Tertulis Besiswa Internal Ditjen Perbendaharaan
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash Sebanyak 77 pegawai Ditjen Perbendaharaan melakukan seleksi tertulis beasiswa internal Ditjen Perbendaharaan. Seleksi dilakukan selama dua hari, pada tanggal 28-29 April 2012. Lokasi seleksi dibagi menjadi empat tempat, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makasar.

Program Beasiswa Internal diselenggarakan dalam bidang ilmu yang beragam sesuai dengan kebutuhan organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Program tersebut merupakan agenda tahunan yang telah berjalan sejak 2007. Beasiswa Internal diselenggarakan untuk jenjang sarjana dan pasca sarjana.

Materi yang diujikan kepada para calon penerima beasiswa adalah Tes Potensi Akademik (TPA), psikotest, dan Bahasa Inggris. Menurut panitia penyelenggara, format penilaian psikotest tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, penilaian psikotes lebih komperhensif dan terintegrasi. Metodelogi yang digunakan sebagai dasar penilaian psikotest adalah paper and pencil test, leaderless group discussion, serta interview. Dalam hal penilaian psikotest, Ditjen Perbendaharaan menggandeng PT Daya Makara Universitas Indonesia sebagai consultant. Selain itu, Ditjen Perbendaharaan bekerja sama juga dengan LBI-FIB UI sebagai consultant Bahasa Inggris dan Koperasi BAPENAS sebagai consultant TPA.

Dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah peserta seleksi beasiswa internal terbilang menurun. Panitia penyelenggara menjelaskan bahwa penurunan jumlah peserta dipengaruhi oleh beberapa hal. Disaat bersamaan, beasiswa yang digelar PPSDM &ndash BPPK masih dalam proses, sehingga sebagian besar peminat beasiswa tidak bisa mendaftar pada dua jenis seleksi beasiswa. Selanjutnya, secara administrative, pembatasan umur dalam penerimaan seleksi beasiswa tahun ini berbeda. Jika sebelumnya batas maksimal untuk penerima program sarjana berumur 35 tahun, pada tahun ini menjadi 30 tahun. Sedangkan, untuk penerima program pasca sarjana di tahun sebelumnya batas maksimal berumur 40 yahun, saat ini menjadi 35 tahun.

Bagi pegawai terpilih, beasiswa Internal akan diselenggarakan bekerjasama dengan universitas-universitas negeri. Hal tersebut dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan dalam rangka peningkatan kompetensi SDM Direktorat Jenderal Perbendaharaan di bidang akademis tertentu.

Oleh: Novri H.S. Tanjung &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)