Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Ditjen Perbendaharaan Rangsang Para Pegawai Ciptakan Karya It

Liputan Seleksi Hasil Karya Teknologi Informasi Tahun 2012 Tahap II
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash
Seleksi Hasil Karya Teknologi Informasi Tahun 2012 Tahap II digelar Ditjen Perbendaharaan selama 5 hari (7 - 11 Mei 2012). Kegiatan tersebut merupakan tempat untuk sharing dan uji coba terhadap aplikasi - aplikasi yang telah dibuat oleh beberapa pegawai dari KPPN dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan. Pada kesempatan itu pula, para peserta mempresentasikan aplikasi hasil ciptaannya. Ajang ini menjadi rangsangan bagi para pegawai Ditjen Perbendaharaan untuk membuat berbagai karya Informasi Teknologi (IT).

Seleksi Hasil Karya Teknologi Informasi Tahun 2012 merupakan seleksi terhadap aplikasi yang telah dibuat oleh pegawai Ditjen Perbendaharaan. Dari tahap pertama, peserta mengirimkan hasil karyanya ke kantor pusat yang selanjutnya akan diseleksi oleh Tim Pusat. Dari tahap pertama ini diperoleh 39 peserta mengirimkan hasil karyanya sebanyak 48 macam aplikasi. Kemudian, hasil seleksi telah mengerucut menjadi 17 peserta dengan hasil karyanya sebanyak 25 macam aplikasi.

Kepala Bagian Administrasi Kepegawaian, Ludiro, yang pada kesempatan penutupan acara mewakili sekretaris Ditjen Perbendaharaan menyampaikan bahwa aplikasi yang telah dibuat tersebut dapat dikembangkan lagi dengan menampung berbagai permasalahan yang terjadi secara komprehensif, &ldquoAplikasi yang distandarisasi secara nasional akan dapat digunakan untuk menunjang tupoksi kita dan dapat dipergunakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan atau KPPN di seluruh Indonesia,&rdquo tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Didyk Choiroel, menyampaikan bahwa dengan akan diserahkannya beberapa kewenangan DJA dan DJPK ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan diharapkan beberapa aplikasi yang telah dibuat ini dapat digunakan sebagai alat penunjang terhadap tupoksi di Kanwil atau di KPPN yang nantinya mempunyai tugas yang bertambah pula. Sehingga proses bisnis dengan partner IT yang mendukung tupoksi menjadi salah satu solusi untuk menghadapi tugas yang bertambah tersebut.

Sementara itu, disisi lain dikantor pusat juga telah dilakukan pemetaan IT terhadap aplikasi yang beredar di Ditjen Perbendaharaan. Pemetaan IT ini digunakan sebagai upaya untuk mengakomodir beragam aplikasi yang ada didaerah.

Adapun pemetaan yang pertama, menurut Didyk adalah Proses Bisnis, yang akan dilaksanakan sepenuhnya oleh SPAN yang rollout-nya akan dilaksanakan paling lambat bulan Juli 2012. Sedangkan yang kedua dan ketiga adalah Administrasi dan Layanan, dibagian inilah aplikasi yang dibuat atau dikembangkan oleh pegawai Ditjen Perbendaharaan akan difungsikan sebagai pendukung proses bisnis (SPAN).

Oleh: Sugeng Wistriono &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)