Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Setditjen Datang, Inspirasi Dan Motivasi Tercerahkan

Liputan Kunjungan Setditjen Perbendaharaan ke Medan
Medan, perbendaharaan.go.id &ndash
Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Tata Suntara membuka acara PPAKP Kelas Managerial (7/5). Kesibukannya sebagai Setditjen tidak menyurutkan niat dan langkahnya, menyempatkan diri melakukan silaturahim untuk lebih dekat dan akrab dengan pegawai Kanwil Prov. Sumut, KPPN Medan I, dan KPPN Medan II. Beliau tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk meraup berkah dari manfaat silaturahim yang dapat memperpanjang umur dan memperlancar rejeki.

Setditjen tiba di KPPN Medan I sekitar pukul 13.30 WIB. Beliau langsung melakukan peninjauan keseluruh ruangan, dimulai dari front office kemudian ke middle office, back office, aula, perpustakaan, termasuk ruang arsip. Beliau didampingi Kepala Kanwil &lsquoBakhtaruddin&rsquo, Kepala KPPN Medan I &lsquoRia Hot Juanita Simbolon&rsquo, Kepala KPPN Medan II &lsquoZaid Ibrahim&rsquo, dan Para Kabid. Begitu hangat menyalami dan berinteraksi dengan semua pegawai. Beliau bertemu dengan teman lama &lsquoSintong Sibuea&rsquo 15 tahun yang lalu bersama-sama di KPPN Bengkulu.

Dalam setiap kesempatan beliau selalu menekankan pengelolaan kearsipan. Penataan arsip sudah bagus tetapi perlu dirapikan lagi dengan menerapkan e-filling. Pesannya agar seluruh pegawai Ditjen Perbendaharaan Wilayah Sumut dapat memberi perhatian lebih dalam peningkatan pengelolaan arsip. Sehingga dilihat enak dan sewaktu-waktu dicari mudah ditemukan. Front Office maupun Middle Office perlu adanya keseragaman dalam lay out maupun persepsi mengenai SOP.

Selesai melakukan peninjauannya, Tata Suntara melakukan pertemuan dengan seluruh pegawai Kanwil Prov. Sumut, KPPN Medan I, dan KPPN Medan II. Beliau berpesan agar para pegawai bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas. Kerjasama harus selalu dijaga dan dipelihara. Para pegawai didorong untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensinya. Beliau mengharapkan semua pegawai bisa lulus assesment KPPN Percontohan. Apabila dalam kenyataan ada hasil yang tidak sesuai dengan harapan, maka harus dapat diterima dengan keikhlasan dan kebesaran jiwa. Tidak perlu bersedih hati. Ada hikmah tersembunyi yang belum kita ketahui dibalik setiap kejadian.

Setditjen juga menyampaikan akan adanya penajaman fungsi threasury. Dengan akan diserahkannya DIPA ke DJA, bukan berarti pekerjaan kita akan berkurang. Pekerjaan yang lain masih banyak yang memerlukan konsentrasi dan kompetensi. Ada Sebagian tugas DJA dan DJPK di daerah akan ditangani oleh Kanwil DJPBN. Konsentrasi Ditjen Perbendaharaan yang akan dikembangkan adalah : Disbursement Plan, Cash Forecasting, Spending Review, Management Investasi, BLU, Cash Management, dan Dealing Room. Piloting dan rollout SPAN pada bulan Juni 2012 serta penggunaan Accrual Accounting secara penuh pada tahun 2013 sebagai amanat UU, harus dipersipakan dan disikapi dengan baik.

Dengan penajaman fungsi tersebut, pegawai Ditjen Perbendaharaan diharapkan dapat meningkatkan kapasitasnya. Sebagai contoh, dengan adanya ketentuan harga satuan, pembagian keuangan antara pusat dan daerah, PUSAP, serta berbagai macam paket peraturan, maka KPPN dan Kanwil harus dapat menjawab dan memberikan pemahaman mendasar. Pegawai Ditjen Perbendaharaan harus dapat menginformasikan ke satker, termasuk tentang formulasi pembagian keuangan yang memerlukan koordinasi dengan pemda.

Walau pertemuan hanya berlangsung selama 1 jam, namun begitu hangat dan berkesan. Sempat ada pertanyaan yang menggelitik dari Warnoto tentang adanya peraturan mengenai batas-batas waktu penyampaian SPM di satu sisi tetapi di sisi lain mengapa harus ada dispensasi. Serta pertanyaan tentang banyaknya retur dari Bank Operasional.

Pembinaan Setditjen serasa oase ditengah padang pasir nan gersang. Atasan seyogyanya dapat membangkitkan semangat bawahan. Pimpinan harus bisa menciptakan pemimpin. Berlaku adil, obyektif, dan jauh dari interest pribadi. Pegawai dimotivasi untuk selalu belajar dan terus belajar. Kita diinspirasi tentang hakekat hidup dan kehidupan yang sementara. Hidup yang sebentar janganlah dibuat susah. Beribadah, belajar, berusaha, bersemangat, berdoa, bersabar, bersyukur, dan bertawakkal sebagai modal utama untuk menghilangkan segala macam stress yang melanda.

Pada kesempatan kali ini Sekretaris Ditjen Perbendaharaan didamping oleh Kepala Bagian Administrasi Kepegawaian, Ludiro dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Didyk Choiroel.

Oleh : Warnoto &ndash Kontributor KPPN Medan I
Editor : Bambang Kismanto &ndash Media Center Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)