Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Menuju Pengelolaan SDM Yang Responsif Dan Antisipatif

Liputan Seminar Pengelolaan SDM dalam Rangka Modernisasi Layanan Publik Berbasis Teknologi Informasi
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash &ldquoSumber daya manusia tidak dapat tergantikan oleh teknologi informasi, yang ada adalah meningkatnya kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan atas digunakannya teknologi informasi tersebut,&rdquo kata salah seorang narasumber seminar Pengelolaan SDM  dalam rangka Modernisasi Layanan Publik Berbasis Teknologi Informasi yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kamis, 14 Juni 2012.

Seminar yang dilaksanakan di Gedung Prijadi Praptosuhardjo (Eks. MA) ini menghadirkan  pembicara yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Sunarko, Asdep SDM Aparatur Kemen PAN dan RB, yang memaparkan kebijakan pengelolaan SDM Aparatur secara garis besar. Selanjutnya Yuni Hastoto, Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan, yang memaparkan strategi pengelolaan SDM di Kementerian Keuangan. Sedangkan narasumber di sesi kedua adalah Yuli Setiono, peneliti LPM FE-UI yang dipanelkan bersama praktisi Human Resources Management, Osriman Oesman.  Mereka menyampaikan perkembangkan terkini di bidang pengelolaan SDM termasuk metode-metode analisis seperti Full Time Equivalent, Vacancy Analysis dan responsibility analysis.

seminar sdmTernyata seminar ini menjadi acara yang menarik dan menjadi perhatian penting, tak kurang dari 75 peserta dari seluruh pengelola SDM eselon I lingkup Kementerian Keuangan ikut hadir. Mereka ingin mengetahui bagaimana strategi pengelolaan SDM masa depan saat teknologi informasi betul-betul menjadi motor penggerak organisasi. Karena seperti Ditjen Perbendaharaan sendiri yang bekerja sama dengan Ditjen Anggaran saat ini sedang mengembangkan Sistem Perbendaharaan dan Anggaaran Negara (SPAN), Ditjen Pajak juga sedang mempersiapkan Project of Indonesian Tax Administration Reform (PINTAR), dan Ditjen Bea dan Cukai yang telah menjalankan Indonesian National Single Window (INSW).

Acara yang dibuka oleh Tata Suntara, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan dan ditutup oleh Paruli Lubis, Direktur Tranformasi Perbendaharaan ini sepertinya mampu menambah wawasan dan pemahaman para pengelola SDM tentang urgensinya melakukan penyempurnaan pengelolaan SDM aparatur. Sehingga mulai dari proses rekrutmen, kemudian penempatan, rotasi, pengembangan, sampai dengan pemensiunan menjadi lebih responsif dan mampu mengantisipasi perkembangan teknologi yang terus tumbuh dengan pesat. (Yogi/Jat)

Oleh : Rianto H. Jatmiko dan Yogi Bekti S. &ndash Kontributor Dit Transformasi Perbendaharaan, Editor : Bambang Kismanto &ndash Media Center Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)