Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

FGD Direktorat SMI Bersama LPPM IPB

 Liputan FGD FGD Direktorat SMI Bersama LPPM IPB di Kabupaten Maros
Maros, perbendaharaan.go.id -
Direktorat Sistem Manajemen Investasi (Direktorat SMI) Ditjen Perbendaharaan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pelaksanaan Kredit Program Skema Subsidi Bunga, Rabu (1/8) di Kabupaten Maros. Kegiatan FGD tersebut dihadiri oleh Pejabat dan pegawai Direktorat SMI, Peneliti dari LPPM IPB yaitu DR. Nunung Nuryantono dan DR. Ekawati Sriwahyuni, Perbankan sebagai penyalur kredit program, kepala dinas instansi terkait dari pemerintah daerah Kabupaten Maros, serta perwakilan koperasi debitur, perwakilan petani, peternak, nelayan, sebagai penerima kredit program.

Acara yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maros ini dilaksanakan di Pendopo Kantor Bupati Maros dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maros, Ir. H. Baharuddin, MM. Dalam sambutannya Baharuddin menyampaikan agar kalangan perbankan di Kabupaten Maros ikut berpartisipasi memberikan kredit kepada usaha kecil mikro (UKM) agar dapat pemberdayaan masyarakat dan membantu pertumbuhan ekonomi.

Direktorat SMI mengungkapkan, tujuan diadakannya FGD ini adalah untuk Menggali informasi terkait pelaksanaan kredit program skema subsidi bunga yang selama ini terjadi. Selain itu, Direktorat SMI bermksud menggali informasi permasalahan yang timbul dan penyebab kurang optimalnya pelaksanaan kredit program skema subsidi bunga. Dengan demikian, diharapkan masukan mengenai skema terbaik dalam pelaksanaan kredit program skema subsidi bunga ke depan bisa dicapai.

Menurut pihak Direktorat SMI, selama ini pelaksanaan kredit program skema subsidi bunga belum optimal karena kurangnya sosialisasi yang memadai, sehingga banyak penerima kredit program menganggapnya bukan pinjaman tetapi bantuan yang tidak perlu dibayar kembali. Program ini juga kurang melibatkan pimpinan pemerintah daerah setempat yang dapat berfungsi sebagai penjamin pinjaman secara moral. Ditambah, program ini belum ada pengawasan, monitoring dan evaluasi yang memadai.

Dengan adanya kegiatan ini Dirketotar SMI berupaya secara aktif melaksanakan kredit program skema subsidi bunga secara efektif dan optimal guna memajukan perekenomoian daerah setempat.

Sementara itu Kanwil Ditjen Perbendaharaan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Perbendaharaan Dra. Marni Misnur, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara FGD dilakukan untuk membahas kajian pelaksanaan kredit program skema subsidi bunga dan membahas permasalahan-permasalahan yang merupakan kendala di lapangan atas pelaksanaan kredit program subsidi bunga maupun non subsidi. Menurutnya, program ini merupakan salah satu komponen guna mewujudkan tujuan negara yang bukan hanya merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah semata, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa yang secara terus menerus melaksanakan pembangunan yang dilakukan baik oleh pemerintah, swasta, perbankan maupun kelompok masyarakat.

Selain itu, dirinya mengharapkan pada pertemuan tersebut dapat digali informasi terkait pelaksanaan dan permasalahan yang timbul serta memberikan masukan yang terbaik dalam rangka pelaksanaan kredit program skema subsidi bunga ke depan. Dengan dukungan semua komponen termasuk dari Kepala Daerah setempat serta monitoring dan evaluasi yang melibatkan Kanwil Ditjen Perbendaharaan di daerah maka diharapkan pelaksanaan kredit program skema subsidi bunga akan berhasil dan bermanfaat untuk mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera &ldquoBaldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur". Tegasnya. Kegiatan pemaparan dan diskusi berjalan dinamis dengan adanya tanggapan dan masukan dari para peserta diskusi serta bimbingan dari Tim LPPM IPB. Selain itu juga disebarkan kuisioner kepada nasabah penerima kredit program untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

Kegiatan FGD ini diarahkan untuk dapat memberikan output berupa hasil kajian yang melengkapi keseluruhan kajian yang meliputi pelaksanaan, permasalahan, akar masalah, dan rekomendasi terkait kredit program skema subsidi bunga.

Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata dari pihak Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulawesi Selatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maros, begitupun sebalikanya. Sebagai bagian dalam rangkaian FGD ini, Tim dari Direktorat SMI didampingi oleh petugas dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan survey lapangan yaitu dengan mengunjungi para kelompok petani dan peternak di Kabupaten Maros.

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)