Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Sekretaris Ditjen Perbendaharaan : Reassesment Bagi Para Pegawai Yang Belum Memenuhi STANdar Kompetensi

Liputan Kunjungan Sekretaris Ditjen Perbendaharaan ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat
Pontianak, perbendaharaan.go.id
&ndash &ldquoReassesment terhadap para pegawai yang belum memenuhi standar kompetensi akan dilaksanakan dalam waktu dekat&rdquo, demikian penjelasan Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Tata Suntara, saat beramah-tamah dengan seluruh pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat. Hal itu dilakukan sesaat setelah melakukan pendampingan terhadap Tim Penilai Kantor Pelayanan Percontohan tingkat Kementerian Keuangan di KPPN Pontianak, Rabu (19/9).

Dengan didampingi oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Teddy Rukmantara, dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setditjen Perbendaharaan, Didyk Choiroel, serta seluruh Kepala KPPN dalam wilayah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, acara ramah tamah diruang rapat kanwil Ditjen Perbendaharaan provinsi Kalimantan Barat itu dikemas dalam suasana formal tetapi santai.

&ldquoJadi saya mengharapkan bagi para pegawai yang belum memenuhi standar kompetensi yang telah ditentukan, tidak perlu cemas, tetap bekerja sesuai dengan posisinya dan harap untuk lebih mempersiapkan diri lagi untuk mengikuti assessment ulang&rdquo, papar Tata menjelaskan lebih rinci.

Pada kesempatan yang sama, Tata Suntara juga memaparkan tentang akan dibentuknya KPPN Investasi yang merupakan pembagian tugas operasional dari Direktorat SMI. &rdquoJadi Kantor Pelayanan Investasi (KPPN Khusus Investasi &ndash red) ini nanti mempunyai tugas menatausahakan investasi dan operasional lainnya yang selama ini dilaksanakan oleh Direktorat SMI ataupun pihak kedua, sedangkan yang terkait dengan kebijakan akan tetap dilaksanakan oleh Direktorat Manajemen Dana Investasi&rdquo, demikian dijelaskan oleh Tata Suntara.

Sebagaimana reorganisasi di Ditjen Perbendaharaan yang rencananya akan digulirkan mulai tahun 2013, jumlah KPPN akan bertambah, diantaranya yaitu satu KPPN Khusus Investasi, yang mempunyai tugas melaksanakan penatausahaan naskah perjanjian investasi, penyaluran dana investasi pemerintah, penghitungan, penagihan, dan penerbitan perintah membayar investasi pemerintah, penerusan pinjaman, kredit program, dan investasi lainnya. KPPN Khusus Investasi ini merupakan Unit Eselon III yang berlokasi di Jakarta dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Manajemen Dana Investasi.

Pada acara tersebut para pegawai yang hadir diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan dan sharing mengenai pekerjaan sehari-hari dan lingkup tata organisasi dengan moderator langsung Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat.

Dipenghujung acara, Tata Suntara memberikan motivasi semangat bekerja dan menghimbau kepada para kepala KPPN yang hadir agar bersama-sama dengan para pegawainya untuk meningkatkan kreativitas tanpa harus menunggu perintah dari kanwil atau kantor pusat. Hal ini mencontoh KPPN Pontianak yang bisa menjadi salah satu peserta seleksi Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan yang baru diselenggarakan.

&ldquoTermasuk juga arsip&rdquo tambahnya, &ldquoDitjen Perbendaharaan secara umum mendapat apresiasi sangat baik mengenai penatausahaan arsip di beberapa kantor, bahkan Menteri Keuangan pada kesempatan kunjungan ke KPPN Semarang II memberikan apresiasi yang luar biasa tentang arsip ini, jadi ini yang harus kita pertahankan dan kita tularkan ke kantor-kantor yang lain&rdquo, imbuhnya.

Hal inilah yang ditekankan Tata Suntara agar kantor-kantor yang belum menatausahakan arsip sebagaimana mestinya agar segera melaksanakannya, karena itu juga demi kebaikan bersama, arsip yang mudah di tata dan disertai dengan aplikasi jika sewaktu-waktu memerlukan berkas yang sudah masuk gudang arsip maka tidak kesulitan dalam mencari berkas tersebut.

Oleh : Sugeng Wistriono &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan.

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)