Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Penganugerahan Treasury Awards Tahun 2012 Di Kanwil Ditjen Perbendaharaan ProVInsi Gorontalo

Gorontolo, perbendaharaan.go.id - Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo menganugerahkan Treasury Awards Tahun 2012 kepada para satuan kerja (satker) berprestasi, Kamis (20/9), di Ballroom Hotel Maqna Gorontalo. Acara yang dihadiri oleh para kepala satuan kerja instansi vertikal, kepala dinas, pejabat daerah Provinsi Gorontalo dan Bupati Boalemo mendapat tanggapan yang sangat positif karena menunjukkan apresiasi yang tinggi dari Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan atas kerja keras satker-satker di wilayah Provinsi Gorontalo dalam upaya mencapai opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal tersebut terungkap dalam ucapan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Winarni Monoarfa yang juga turut memberikan sambutan. &ldquoPemprov melalui Gubernur Gorontalo memberikan apresiasi dan penghargaan yang sangat tinggi atas diselenggarakannya acara ini di mana kegiatan ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka implementasi 9 program percepatan reformasi birokrasi di Indonesia khususnya di bidang keuangan negara,&rdquoujar beliau.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo Rina Robiati menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini bertujuan untuk memberikan reward atas keberhasilan dan usaha yang telah dijalankan oleh masing-masing instansi pemerintah baik Instansi Vertikal maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN. &ldquoKami berharap penyelenggaraan Treasury Awards Tahun 2012 ini dapat memperbaharui semangat dan komitmen para penyelenggara keuangan Negara di semua satker Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk terus melakukan usaha peningkatan transparansi dan akuntabilitas di bidang pengelolaan keuangan negara melalui akuntansi dan pelaporan keuangan,&rdquo ungkapnya.

Acara ini merupakan agenda rutin tahunan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010, hanya saja baru di tahun 2012 ini menggunakan istilah Treasury Awards. Pada dua periode sebelumnya, penghargaan hanya diberikan untuk dua kategori yaitu Pelaporan Keuangan terbaik untuk Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) instansi vertikal dan Koordinator UAPPA-W. Sedangkan pada tahun 2012 ini, tidak tanggung-tanggung, panitia menyediakan 13 trophy kepada para pemenang terbaik untuk masing-masing kategori.

Jamaluddin Ambo Dai, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo selaku Ketua Panitia Treasury Awards Tahun 2012 mengutarakan bahwa jumlah kategori pada tahun ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya disebabkan oleh tingkat pengelolaan keuangan yang makin besar sehingga membutuhkan kategori-kategori khusus di samping standar penilaian yang juga makin selektif.

Salah satu kategori khusus yang baru diberikan di tahun ini adalah penyerapan anggaran Semester I Tahun Anggaran 2012. Penghargaan untuk kategori ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat satker dalam mengelola APBN sehingga anggaran yang dikelolanya dapat terserap dengan baik dan dapat dengan cepat dirasakan multiplier effect-nya oleh masyarakat.

Berbeda pula dengan tahun-tahun sebelumnya, pada acara kali ini, panitia penyelenggara sengaja menghadirkan konsep baru dengan memberikan sentuhan entertainment seperti penayangan video dan penggunaan iringan musik baik untuk pembukaan maupun pembacaan nominasi dan pemenang. Sejumlah undangan menyampaikan rasa kagumnya atas konsep acara yang baru pertama kalinya diselenggarakan oleh instansi pemerintah di Provinsi Gorontalo.

Mengenai metode penilaian, Jamaluddin Ambo Dai mengatakan dalam presentasi ketua panitia, &ldquoPara pemenang yang berhasil meraih penghargaan sesuai kategori telah melalui tahapan seleksi yang sangat obyektif&rdquo. Pria berdarah Bugis ini yang juga berperan sebagai MC untuk sesi pembacaan nominasi dan pemenang serta penyerahan penghargaan mengungkapkan bahwa hasil penilaian dari tim penilai yang melibatkan seluruh bidang pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo dijamin 100 persen obyektif, akurat, transparan, dan akuntabel.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Bone Bolango, Djadid Al Katiri dalam sambutannya, &ldquoSaya sangat yakin metode penilaian yang dilakukan tim penilai benar-benar obyektif dan akurat&rdquo. &ldquoIni terbukti, selain mendapat Treasury Award Tahun 2012 sebagai terbaik pertama kategori pelaporan keuangan Semester I TA 2012 dan terbaik kedua kategori pelaporan keuangan TA 2011 untuk UAPPA-W instansi vertikal, BP DAS Bone Bolango juga meraih peringkat pertama Laporan Keuangan Terbaik se-Kementerian Kehutanan&rdquo, tegas beliau. Pernyataan Kepala BP DAS Bone Bolango tersebut semakin meningkatkan kepercayaan para undangan yang hadir terhadap metode penilaian tim penilai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.

Sehubungan dengan rencana penyelenggaraan di tahun-tahun berikutnya, Jamaludin Ambo Dai sangat yakin konsep Treasury Awards Tahun 2013 nanti dapat lebih baik lagi mengingat Treasury Awards Tahun 2012 secara sukses mampu menghadirkan konsep baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya, sehingga menginspirasi para anggota panitia lainnya untuk mengusulkan berbagai ide dan gagasan yang patut dipertimbangkan mengenai gambaran konsep acara untuk tahun-tahun berikutnya.

Di balik suksesnya penyelenggaraan Treasury Awards Tahun 2012, Rina Robiati berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat semakin meningkatkan motivasi satker-satker di wilayah kerja Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan guna mencapai opini wajar tanpa pengecualian demi terwujudnya Laporan Keuangan Pemerintah yang transparan dan akuntabel.

Berikut rincian kategori beserta penerima penghargaan dalam ajang Treasury Awards Tahun 2012:

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)