Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Sekretaris Ditjen Perbendaharaan MereSMIkan KPPN Malang Menjadi KPPN Percontohan

Liputan Soft Launching KPPN Percontohan Tahap VI di KPPN Malang
Malang,perbendaharaan.go.id -
Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Tata Suntara, menghadiri acara soft launching KPPN Percontohan di KPPN Malang pada hari Selasa (2/10). Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Hari Utomo, Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Didyk Choiroel, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setditjen Perbendaharaan, serta Heru Pudyo Nugroho, Kabag Umum Setditjen Perbendaharaan.

Soft launching KPPN Percontohan juga dilakukan dibeberapa tempat lainnya. Setelah melalui proses panjang, Ditjen Perbendaharaan meresmikan 134 KPPN non Percontohan menjadi KPPN Percontohan selama bulan Oktober 2012. Dengan demikian, maka seluruh KPPN se-Indonesia yang berjumlah 176 sudah menjadi KPPN Percontohan. Meskipun, pada dasarnya pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) KPPN Percontohan sudah dilaksanakan oleh seluruh KPPN sejak tahun 2007 silam.

Soft Launching KPPN Percontohan di KPPN Malang merupakan peresmian simbolis terhadap seluruh KPPN di wilayah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur. Berlokasi di halaman KPPN Malang, acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala KPPN dalam wilayah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Satuan Kerja lingkup KPPN Malang, para pimpinan Muspida Kota Malang dan Kabupaten Malang, perwakilan Satuan Kerja mitra KPPN Malang, Kepala Cabang Bank dan Pos mitra KPPN Malang, serta Kepala Cabang PT. Taspen dan PT. Askes.

&ldquoLaunching KPPN Percontohan ini merupakan momentum penting bagi seluruh keluarga besar Ditjen Perbendaharaan. Impian kami untuk memiliki kantor layanan yang menerapkan proses bisnis modern, sumber daya manusia yang berkualitas dan handal serta nyaman di seluruh Indonesia telah terwujud, meskipun masih terdapat beberapa hal yang memerlukan penyempurnaan. KPPN Percontohan ini merupakan persembahan bagi perbaikan layanan kepada seluruh stakeholder kami,&rdquo ujar Tata Suntara, mengawali sambutannya sebelum meresmikan KPPN Malang menjadi KPPN Percontohan.

&ldquoSejak berjalannya reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan, Ditjen Perbendaharaan selalu berkomitmen dalam menjalankan reformasi birokrasi terebut. Salah satu komitmen tersebut kami wujudkan dalam implementasi KPPN Percontohan ini&rdquo. Imbuh Tata Suntara menjelaskan lebih lanjut.

Sejalan dengan komitmen reformasi birokrasi (penyempurnaan Proses Bisnis , Penataan Organisasi, dan Manajemen SDM - red), Ditjen Perbendaharaan memperoleh berbagai prestasi tingkat nasional, yaitu pertama Survey Kepuasan Stakeholder yang diselenggarakan UI dan IPB menempatkan Ditjen Perbendaharaan dengan angka tertinggi selama empat tahun berturut-turut yaitu mulai tahun 2008, 2009, 2010, dan 2011, kedua Ditjen Perbendaharaan mendapatkan Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden pada tahun 2008 dan 2010, keempat peringkat pertama pada Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) yang diselenggarakan oleh KPK pada tahun 2010, kelima Survey Integritas Layanan pada tahun 2010 dan 2011 oleh KPK dengan nilai tertinggi, dan keenam adalah KPPN Semarang II sebagai Kantor Pelayanan Terbaik tingkat Kementerian Keuangan di tahun 2011, sedangkan ditahun 2012 ini mewakili Kementerian Keuangan untuk memperebutkan Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden.

&ldquo&hellip dimulai di tahun 2007 kami melaksanakan implementasi KPPN Percontohan Tahap I melalui 18 KPPN di beberapa ibukota propinsi. Pada saat itu, Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani Indrawati berkenan meresmikan KPPN Jakarta II dan secara simbolis meresmikan 17 KPPN lainnya menjadi KPPN Percontohan,&rdquo Tata Suntara Menjelaskan.

Sementara itu Kepala KPPN Malang, Teguh Dwi Nugroho, dalam sambutannya melaporkan &ldquoUntuk ditetapkan menjadi KPPN Percontohan, KPPN Malang telah menjalani proses tahapan-tahapan yang meliputi penyempurnaan standara layanan dimana sejak tahun 2007 telah menerapkan SOP KPPN Percontohan, melakukan penyempurnaan standar sarana dan prasarana kerja berupa perbaikan layout dan images building dan tahapan yang paling krusial adalah 92 persen pegawai KPPN Malang telah memenuhi standar kompetensi jabatan pegawai yang diseleksi melalui test assessment yang diselenggarakan oleh kantor pusat Ditjen Perbendaharaan&rdquo.

Diakhir acara, para undangan berkesempatan untuk mengunjungi langsung Front Office KPPN Malang. Satuan kerja berharap layout yang modern dan pelayanan yang profesional menjadi kombinasi yang sempurna untuk sebuah kantor layanan yang didam-idamkan oleh masyarakat.

 


Catatan Redaksi :

  • KPPN Percontohan tahap I : ada 18 KPPN Percontohan diresmikan tahun 2007 yaitu KPPN : (1) Medan II, (2) Palembang, (3) Jakarta I, (4) Jakarta II, (5) Bandung II, (6) Semarang II, (7) Yogyakarta, (8) Surabaya II, (9) Pontianak, (10) Banjarmasin, (11) Denpasar, (12) Mataram, (13) Kupang, (14) Makassar II, (15) Gorontalo, (16) Manado, (17) Ambon, dan (18) Jayapura 
  • KPPN Percontohan tahap II : ada 9 KPPN Percontohan diresmikan tahun 2008 yaitu : (1) Banda Aceh, (2) Padang, (3) Pekanbaru, (4) Pangkal Pinang, (5) Serang, (6) Palangkaraya, (7) Samarinda, (8) Kendari, dan (9) Palu
  • KPPN Percontohan tahap III : ada 5 KPPN Percontohan diresmikan tahun 2008 yaitu KPPN : (1) Ternate, (2) Jakarta IV, (3) Bandar Lampung, (4) Banda Aceh, (5) Jambi
  • KPPN Percontohan tahap IV : ada 5 KPPN Percontohan diresmikan tahun 2009 yaitu KPPN : (1) Medan I, (2) Bandung I, (3) Semarang I, (4) Surabaya I, (5) dan Makassar I
  • KPPN Percontohan tahap V : ada 5 KPPN Percontohan diresmikan tahun 2011 yaitu KPPN : (1) Mamuju, (2) Manokwari, (3) Tanjung. Pinang, (4) Jakarta III, dan (5) Jakarta V.
  • KPPN Percontohan tahap VI : ada 134 KPPN Percontohan diresmikan tahun 2012 yaitu KPPN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Oleh : Sugeng Wistriono &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan.

KPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANG KPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANGKPPN MALANG

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)