Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Bersiap Menjadi Pengelola Fiskal Di Daerah

Liputan Peningkatan Kompetensi Pejabat Eselon III di Lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Gelombang I
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash
Mempersiapkan diri menjadi representasi Kementerian Keuangan di daerah, Ditjen Perbendaharaan menggelar Peningkatan Kompetensi Pejabat Eselon III di Lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan sebagai pengelola fiskal di daerah. Kegiatan dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 8 Maret 2013. Sedangkan Gelombang II dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 16 Maret 2013.

Dalam pembukaan penyelenggaraan kegiatan gelombang I, Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan kompetensi dan dimaksudkan sebagai benchmarking study serta alih ilmu atas pekerjaan yang sama dengan proyeksi pekerjaan Kanwil Ditjen Perbendaharaan.  Agus mengharapkan kegiatan ini menjadi bekal para pejabat eselon III dalam pelaksanaan tugas Kanwil Ditjen Perbendaharaan sehingga terbangun sinergi guna optimalisasi kinerja. 

okPada kesempatan yang sama, Dirjen Anggaran Herry Purnomo mendukung implementasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan menjadi representasi Kementerian Keuangan di daerah.  Menurut Herry, spending review yang dilakukan Ditjen Perbendaharaan akan menjadi input pembahasan alokasi anggaran kementerian/ lembaga di Ditjen Anggaran.

Sementara itu, perwakilan Dirjen Perimbangan Keuangan menyampaikan pentingnya sinergi bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan di daerah. Kanwil Ditjen Perbendaharaan secara tugas dan fungsi memiliki potensi untuk melakukan reviu terhadap pelaksanaan dana transfer ke daerah. Hal itu menjadikan Kanwil Ditjen Perbendaharaan berada pada posisi yang relevan untuk melakukan upaya pembenahan dan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah.  

Sesuai dengan nama kegiatan tersebut, peserta yang hadir merupakanpara pejabat teknis eselon III di lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan. Untuk menyajikan pembahasan yang komperhensif, penyelenggara menghadirkan narasumber yang berasal dari internal Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Perimbangan keuangan, Ditjen Anggaran, Badan Kebijakan Fiskal, dan Bank Indonesia. Materi Peningkatan kompetensi tersebut membekali para peserta untuk mengemban tugas baru, yang pada awalnya administrative oriented menjadi analysis oriented.

Oleh: Tim Media Center &ndash Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)