Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Komisi XI DPR-RI Gali Informasi Reformasi Birokrasi Di KPPN Bengkulu

Kunjungan Kerja Komisi XI DPR-RI Ke Kementerian Keuangan Lingkup Provinsi Bengkulu
Bengkulu, perbendaharaan.go.id -
Tim dari Komisi XI DPR-RI yang dipimpin oleh Dr. Harry Azhar Aziz, M.A. melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu, khususnya ke instansi vertikal lingkup Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu, Senin (15/4), di aula KPPN Bengkulu. Kunjungan kerja Komisi yang membidangi Keuangan di DPR-RI tersebut merupakan yang pertama kali di Provinsi Bengkulu.

Kedatangan Tim Komisi XI DPR-RI pukul 14.00 WIB disambut oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Bengkulu, selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu, Drs.Supriyo, S.IP.,M.H., didampingi oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran Drs. Haryana, M.Soc.Sc, Kakanwil Ditjen Pajak Provinsi Lampung dan Bengkulu Peni Hirjanto, Ak, M.BA. , Kakanwil Ditjen Kekayaan Negara Provinsi Bengkulu dan Lampung Ischak Ismail, S.H, M.Hum serta para pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu.

Acara diawali dengan sambutan serta perkenalan jajaran pejabat Kementerian Keuangan se Provinsi Bengkulu oleh Drs.Supriyo S.IP.,M.H, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan Anggota Tim Komisi XI DPR-RI oleh Dr. Harry Azhar Aziz M.A.. Harry menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan kerja tersebut adalah untuk mencari informasi tentang kinerja serta pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan mengingat peran Kementerian Keuangan sangat strategis dalam struktur pemerintahan Republik Indonesia. Dalam pemaparan tersebut Harry juga menyampaikan kemungkinan pemisahan Ditjen Pajak dari Kementerian Keuangan untuk memperKuat dan memaksimalkan fungsi Ditjen Pajak di masa yang akan datang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing Unit Eselon I Kemenkeu Provinsi Bengkulu oleh para Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Kantor. Pemaparan tersebut antara lain mengenai tingkat Penyerapan dana APBN pada instansi vertikal Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu T.A 2011 s.d. 2012, Penerimaan Pajak di Provinsi Bengkulu selama tiga tahun terakhir, Target dan Realisasi penerimaan Bea Cukai Provinsi Bengkulu tahun 2010 s.d. 2012, jumlah asset/kekayaan negara yang berada di Provinsi Bengkulu, serta pelaksanaan dan indikator keberhasilan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu.

Setelah mendengar dan memberi tanggapan atas pemaparan dari masing-masing unit, Tim Komisi XI DPR-RI melalui Ketua Tim menutup acara Rapat Kunjungan Kerja dengan beberapa kesimpulan dan masukan untuk pembanding dalam rangka pelaksanaan salah satu tugas Komisi XI DPR-RI dalam rangka mempersiapkan, menyusun, dan menyempurnakan RUU Bidang Keuangan Negara. Seluruh Rangkaian acara tersebut diakhiri dan ditutup dengan tukar menukar cinderamata dan foto bersama.

Oleh: Bagong Iswanto & Wahyu Purnomo

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)