Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Staff Ahli Menkeu Bidang TI : “…Sekarang Kita Sudah Mulai Bisa Melihat Tujuan Kita Di Ujung Cakrawala. ...”.

Liputan Pelaksananan User Acceptance Test (UAT) Aplikasi SPAN
Jakarta, perbendaharaan.go.id -
Test terhadap sistem SPAN terus berlangsung. Setelah tahapan Unit Test dan Integration Test SPAN diselesaikan, Direktorat Transformasi Perbendaharaan melangsungkan User Acceptance Test (UAT), yakni mekanisme untuk mendapatkan persetujuan calon pengguna atas aplikasi. Proses yang saat ini dilaksanakan adalah UAT untuk proses transaksi pengeluaran anggaran negara dan pelaporan di Ditjen Perbendaharaan dan unit yang terkait BA 999. Agar pengujian berlangsung lancar, sebelumnya para penguji telah dibekali dengan familiarisasi aplikasi SPAN, pemaparan SOP dan penjelasan skenario yang akan diujikan. Pelaksananan User Acceptance Test (UAT) Aplikasi SPAN dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2013 di Jakarta.

Pada sela-sela aktivitas pengujian, Direktur Transformasi Perbendaharaan, Sudarto menekankan kepada seluruh peserta UAT bahwa SPAN adalah proyek TI terbesar kedua di Indonesia setelah proyek E-KTP. Pada umumnya tingkat keberhasilan suatu proyek TI hanya mencapai 30 sampai 40% saja, karena itu kita patut merasa bangga jika nantinya masuk dalam kelompok yang berhasil. Proses UAT sendiri merupakan salah satu penentu dalam menuju keberhasilan. Semoga seluruh peserta dapat melaksanakan tugas penting ini sampai selesai.

Staff Ahli Menteri Keuangan Bidang Teknologi Informasi, Bobby A.A. Nazief juga menyampaikan bahwa &ldquotelah lama kita berlayar melintasi samudra yang begitu luas. Kemarin arah tujuan kita jelas, namun dia tak terlihat. Nah, sekarang kita sudah mulai bisa melihat tujuan kita di ujung cakrawala. Ini berarti tidak lama lagi kita akan sampai kesana. Jika UAT ini selesai maka tinggal tersisa tiga tahapan lagi yaitu Piloting, Roll-out dan Go-live!&rdquo.

Pada waktu yang bersamaan sekaligus dilaksanakan performance testing guna mengukur tingkat performa sistem dalam menjalankan aktivitas transaksi keuangan dengan SPAN. UAT sendiri diperkirakan akan memakan waktu 2 bulan. Semoga proses UAT dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Sukses SPAN, sukses kita semua!

(Kontributor Dit.TP)

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)