Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

UAT Adalah Penentu Apakah SPAN Dapat Berlanjut Atau Tidak

Liputan Pelaksanaan UAT SPAN pekan ketiga Jakarta, perbendaharaan.go.id - Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto bersama jajaran pejabat kantor pusat Ditjen PBN, DJA, dan Pusintek melakukan kunjungan ke Direktorat Transformasi Perbendaharaan untuk meninjau langsung kegiatan UAT (User Acceptance Test), Rabu (29/5). Acara siang itu dibuka dengan laporan dari Ketua Tim UAT tentang progress pelaksanaan tes.

Rombongan kemudian berkunjung ke setiap ruangan UAT SPAN dan ruangan Unit Test SAKTI untuk melihat langsung bagaimana eksekusi skenario transaksi diujikan. Berbaur bersama para penguji dari seluruh unit terkait, Agus Suprijanto kemudian menyampaikan arahan kepada para pimpinan unit dan peserta yang hadir.

&ldquoUAT adalah penentu apakah SPAN dapat berlanjut atau tidak&rdquo pesan Agus Suprijanto, Dirjen Perbendaharaan.

Begitu pentingnya pelaksanaan UAT, Agus mewanti-wanti bahwa partisipasi dari peserta sangat menentukan. &ldquoAnda sebagai wakil dari calon pengguna SPAN harus merasa nyaman dengan SPAN. Partisipasi Anda dalam UAT ini akan memberikan keyakinan SPAN siap untuk di Go-Live-kan,&rdquo pesannya kepada peserta UAT.

&ldquoHarus semangat dan jangan lakukan dengan setengah-setengah! Jangan melewatkan satu pun skenario, pastikan semuanya berjalan dengan lancar!&rdquo tegasnya.

UAT SPANDalam kesempatan yang sama, Suharman, Ketua UAT menyampaikan progres pelaksanaan UAT. &ldquoSampai dengan minggu ketiga UAT, telah dilaksanakan Module Test, dan sekarang sedang dilaksanakan Link Test,&rdquo jelasnya.

Dalam UAT, ada dua macam pengujian yang dilakukan yaitu Functional Test dan Performance Test. Functional Test menguji SPAN dari sisi aplikasinya, sedangkan Performance Test menguji SPAN dari sisi kemampuan kinerja sistemnya.

Para peserta yang berasal dari Direktorat APK, Direktorat PA, Direktorat SP, Kanwil Ditjen PBN Provinsi DKI Jakarta, KPPN Jakarta II, dan KPPN Jakarta VI maupun para para penguji dari Direktorat TP surprise dengan kedatangan Dirjen Perbendaharaan. &ldquoBagaimana rasanya?&rdquo, pertanyaan dilayangkan Agus Suprijanto kepada para peserta UAT. Masih dengan semangat penuh, para peserta tersenyum.

Dirjen Perbendaharaan berharap para peserta melakukan pengujian dengan sebaik-baiknya, sehingga akhirnya mendapat kesimpulan bahwa SPAN siap diimplementasikan.

Oleh: Beni dan Teguh &ndash Kontributor Direktorat Tranformasi Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)