Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Nilai Sempurna Untuk KPPN Semarang II

Liputan penilaian piala Citra Pelayanan Prima(CPP) tahun 2013. Semarang, perbendaharaan.go.id - Setelah sebelumnya menyandang predikat peringkat pertama Kantor Pelayanan Percontohan terbaik di lingkungan Kementerian tahun 2011, saat ini KPPN Semarang II mewakili Ditjen Perbendaharaan maju dalam penilaiaan Citra Pelayanan Prima(CPP) tahun 2013. Sebelumnya, Piala CPP pernah diterima juga oleh KPPN Gorontalo pada tahun 2011.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh KPPN Semarang II untuk menghadapi penilaian. Sarana fisik gedung yang memenuhi standar sarana dan prasarana kantor pelayanan di lingkungan kementerian keuangan, dipadukan dengan skill pegawai dalam hal memberikan pelayanan prima menjadi modal KPPN Semarang II untuk menjadi juara. Standar Operating Prosedur (SOP)sebagai kantor modern pun telah dilaksanakan dengan baik.

Memberikan pelayanan terbaiknya, KPPN Semarang II menciptakan beberapa inovasi. Dari mesin antrian, penggunaan KIPS, layar informasi touchscreen, layanan mobile KPPN sampai aplikasi pengarsipan yang menjadi andalan. Bahkan beberapa kantor diluar Ditjen Perbendaharaan seperti BPK telah melakukan studi banding dan mengadopsi layanan yang hamper sama.

Tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Apraratur Negara melakukan penilaian dengan mendatangi sekaligus melakukan wawancara on the spot dengan sejumlah pegawai KPPN Semarang II. Tak luput dari perhatian, tim juga melakukan dialog dengan beberapa Satuan Kerja (satker) mitra kerja KPPN Semarang II. Penilaiaan yang dipandu oleh ketua Tim penilai H. Suyatno memaparkan dan memberikan penilaiaan langsung terhadap setiap butir penilaian. Metoda penilaian yang berbeda dari biasanya membuat pihak dinilai menjadi lebih reaktif dengan menyajikan fakta juga argumen. Dari 1000 point untuk nilai sempurna, KPPN Semarang II sementara mendapatkan nilai 965. Nilai sementara tersebut akan diverifikasi oleh tim verifikasi dalam rapat dihadapan Wakil Menteri Pendayagunaan Apraratur Negara.

&ldquoKPPN Semarang II ini sdah terlihat berbeda dari sisi fisik bangunan dan skill semua pegawainya, yang dulunya terkesan kaku sekarang sudah lebih terbuka serta siap melayani&rdquo kata Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) Sekjen Kemenkeu Charmeida Tjokrosuwarno saat dikonfirmasi tentang peluang KPPN Semarang II ketika diwawancara oleh TVRI. 

dikesempatan yang sama Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Ditjen Perbendaharaan Didyk Choirul juga menjelaskan bahwa KPPN memang pantas menjadi wakil Kementerian Keuangan khususnya Ditjen Perbendaharaan dalam penilaian piala CPP tahun ini. &ldquosejak tahun 2007 KPPN Semarang II telah melaksanakan SOP KPPN Percontohan dimana terdapat pembagian kerja dari Front Office, middle Office dan Back Office,&rdquo tambahnya.

Setelah melakukan peninjauan lapangan, Tim berkesimpulan bahwa nilai sempurna layak diberikan kepada KPPN Semarang II. KPPN Semarang II telah menunjukan bahwa mereka bisa!

Oleh: Tino A. Prabowo &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)