Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

stop-Start-Continue Pengamalan Internalisasi Nilai Kementerian Keuangan

Liputan Kegiatan Value Gathering Tahun 2014 di Aceh.
Aceh, perbendaharaan.go.id -
Melanjutkan proses internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, Ditjen Perbendaharaan melakukan kegiatan TOT Change Agent dan Value Gathering, 15 &ndash 16 Agustus 2014, di Aceh. Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono membuka sekaligus memberikan ceramah umum Nilai-nilai kementerian Keuangan dihadapan para peserta kegiatan tersebut, yang berasal dari Peserta TOT Change Agent Wilayah Sumatera, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, dan KPPN Banda Aceh.

Kegiatan ini dimulai dari Pelaksanaan TOT Change Agent yang dipandu oleh narasumber dari Change Agent Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, peserta diberikan materi mengenai Internalisasi Nilai &ndash Nilai Kementerian Keuangan dan Program Budaya Kementerian Keuangan dan dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan. Pada sesi akhir acara TOT Change Agent, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono mengukuhkan 77 Peserta TOT Change Agent. Dalam sambutannya Marwanto menegaskan bahwa Change Agent diharapkan menjadi pionir penggerak perubahan di Ditjen Perbendaharaan, &ldquoSampai dengan saat ini berarti Direktorat Jenderal Perbendaharaan memiliki tambahan Change Agent baru sebanyak 77 Orang, dimana nantinya Change Agent baru tersebut diharapkan akan menjadi pionir sekaligus penggerak perubahan yang dimulai dengan mind-shifting terhadap pola kerja dan peng-implementasian Nilai-Nilai Kementerian Keuangan di lingkungan Ditjen Perbendaharaan,&rdquo ucap Marwanto.

Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan Value Gathering, dimulai dengan penampilan performance dari Kanwil Aceh maupun KPPN Banda Aceh, hingga materi Ceramah Umum Kegiatan Value Gathering yang disampaikan oleh Dirjen Perbendaharaan. Dalam ceramah umum tersebut, Dirjen Perbendaharaan berpesan kepada peserta agar menginternalisasikan Nilai &ndash Nilai Kementerian Keuangan ke dalam diri setiap pegawai, &ldquoAgar Nilai &ndash Nilai tersebut dapat terus terjaga secara kontinyu ke dalam diri setiap pegawai, maka kita perlu meng-internalisasikan nilai &ndash nilai yang menjadi identitas kita, misalnya melalui slogan yang mudah diingat dan dikerjakan, STOP-START-CONTINUE yaitu Pertama, menghentikan perilaku yang tidak sesuai dengan Nilai &ndash Nilai Kementerian Keuangan (STOP) , misalnya STOP (berhenti) merokok di ruangan kerja. Kedua, Memulai perilaku yang mencerminkan Nilai &ndash Nilai Kementerian Keuangan dan memulai sinergi (START), misalnya START (mulai) datang tepat waktu pada saat rapat. Ketiga, Melanjutkan prestasi serta perilaku-perilaku baik yang selama ini sudah mencerminkan Nilai Kementerian Keuangan, misalnya CONTINUE (lanjutkan) melayani stakeholders dengan hati dan ikhlas.&rdquo Ungkap marwanto memberi ilustrasi kepada peserta.

Dalam akhir ceramahnya, Marwanto kembali berpesan kepada peserta agar benar-benar mengejawantahkan Nilai &ndash Nilai Kementerian Keuangan dalam kehidupan sehari-hari, &ldquoSemoga dengan diadakannya acara ini akan mampu mengejawantahkan nilai &ndash nilai Kementerian Keuangan ke dalam kehidupan sehari &ndash hari sehingga mampu mewujudkan KINERJA BERNILAI, PRESTASI KELAS DUNIA guna mendukung visi baru Ditjen Perbendaharaan yaitu sebagai pengelola perbendaharaan yang unggul di tingkat dunia.&rdquo Imbuh marwanto, yang langsung disambut antusias oleh peserta Value gathering yang hadir.

Oleh : Imam Saroni, Novri HS Tanjung, dan Sugeng W &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan.

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)