Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Kinerja Ditjen Perbendaharaan Menjadi Contoh Dan Acuan Pemerintah Daerah Sulawesi Barat

Mamuju, perbendaharaan.go,id &ndash Dirjen Perbendaharaan meresmikan operasionalisasi Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sekaligus melakukan kunjungan kerja untuk bertemu dengan semua pegawai di KPPN Mamuju dan Kantor Wilayah DJPBN Prov. Sulbar (08/10).

Layanan Ditjen Perbendaharaan di Provinsi Sulbar telah berjalan sejak dua tahun setelah dibentuknya provinsi Sulbar yaitu tepatnya tahun 2006. Pelayanan itu dilaksanakan oleh KPPN Mamuju. Hadirnya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulbar sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pemangku kepentingan.

Beroperasinya layanan yang diselenggarakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar telah membawa percepatan terhadap pembangunan. &ldquoPercepatan yang berkaitan dengan keuangan telah mendorong mekanisme pengelolaan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan menjadi lebih baik &ldquo kata Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh dalam sebuah testimoninya. Disisi teknis operasional, Kanwil Prov. Sulbar dan KPPN Mamuju mendapatkan apresiasi yang tinggi oleh pemerintah daerah provinsi Sulawesi barat. &ldquoBentuk pelayanan yang dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan dapat menjadi contoh dan acuan satuan kerja pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah yang lain termasuk di Sulawesi Sulawesi barat&rdquo kata Sekda Sulawesi Barat Nur Alam Tahir.

mamujuSpending review dan Kajian Fiskal Regional merupakan tugas baru Ditjen Perbendaharaan yang membutuhkan koordinasi internal dan dengan pihak external. Peran Kanwil Ditjen Perbendaharaan menjadi lebih strategis dengan melakukan analisis terhadap aktifitas fiscal yang dilakukan di daerah. Hasil analisis tersebut dapat digunakan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu alat untuk melihat lebih dalam terhadap pengelolaan keuangan daerahnya. Hubungan mutualisme inilah yang diharapkan tetap terjalin harmonis mendukung pelaksanaan tugas masing-masing

Dikesempatan selanjutnya Dirjen Perbendaharaan menemui langsung para pegawai dilingkungan Kanwil Ditjen Perbendaraan Prov. Sulbar. Berbincang langsung dengan beberapa petugas dari satuan kerja yang sedang mengantar SPM dan Rekonsiliasi tak luput dari perhatiannya. &ldquosebuah kebahagiaan bagi kami semua pegawai, Bapak Dirjen berkenan berkunjung&rdquo kata Catur Ariyanto Widodo, PLT Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. SulBar.

Implementasi SPAN membawa situasi baru pada pelaksanaan penyerapan anggaran. Kendala di lapangan terkait dengan pelaksanaan SPAN harus disikapi dengan tepat. &ldquoSPAN dilakukan oleh mesin, jadi pada saat implementasi dibutuhkan pendampingan yang bagus dari KPPN kepada Satker&rdquo kata Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono. Tentunya Ditjen Perbendaharaan telah menyiapkan peningkatan kompetensi SDM untuk melaksanakan SPAN. Dalam pengembangan SDM, Ditjen Perbendaharaan secara konsisten membangun sistem dengan prinsip-prinsip yang telah disepakati dalam pola mutasi di lingkungan Ditjen Perbendaharaan.

Oleh : Tim Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)