Berita Regional

Seputar Ditjen Perbendaharaan

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan LKKL Tingkat UAPPAW Semester I 2023

Bertempat di Aula Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, diadakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan LKKL Tingkat UAPPAW Semester I 2023 dengan tema “Wujudkan Strategi Penyusunan LKKL Semester I Tahun 2023 guna Pencapaian Predikat WTP”. Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan LKKL Tingkat UAPPAW Semester I 2023 dilaksanakan pada Selasa, 25 Juli 2023 dihadiri oleh 24 satker UAPPA-W.

Acara dibuka dengan penyampain laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bidang PAPK, Muhamad Afifudin Ikhsan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kanwil DJPb Gorontalo, Adnan Wimbyarto, Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud sebagai forum komunikasi untuk menguatkan koordinasi dan sinergi, serta menyiapkan penyusunan laporan keuangan Kementerian/Lembaga Tingkat Wilayah periode Semester I 2023, imbuh Adnan.

Adnan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya berkat kerja keras Bapak/Ibu dalam dalam menyusun dan menjaga kualitas data LKKL/LK-BUN tahun 2022, LKPP tahun 2022 mampu mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, sebagai capaian opini WTP untuk ke tujuh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2016.

Implementasi Full Module SAKTI merupakan tantangan baru sehingga perlu komitmen dari semua pihak agar bisa running well, ungkap adnan. Selain itu untuk untuk meningkatkan kualitas LKKL Semester I TA 2023, memanfaatkan menu To Do List, Monitoring, dan Daftar/Rincian pada Aplikasi MONSAKTI, tutup buku seluruh Modul Pelaporan Aplikasi SAKTI secara tertib dan Melakukan telaah LK mulai dari tingkat Satker maupun Wilayah dengan kertas kerja telaah yang tersedia.

Di moderatori oleh Kasi ASPLK, Leni Marlina, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian  materi Kebijakan Akuntansi Pemerintah Pusat, oleh Putu Jaya Permana, dan Materi Penyusunan LKKL Semester I Tahun 2023 oleh Alif Fahrudin, diikuti troubleshooting Aplikasi SAKTI/MONSAKTI, oleh Aulia Risa Armatya. Peserta sangat antusiasme berdiskusi secara interaktif mengawal laporan keuangan dan memitigasi permasalahan yang di jumpai sehingga dapat menyajikan laporan keuangan yang berkualitas.

Laporan Keuangan yang akuntabel dan berkualitas adalah tujuan kita bersama sebagai bentuk kewajiban dalam pengelolaan keuangan negara. Tentunya untuk mewujudkan itu semua diperlukan sinergi kuat antara kantor pusat selaku penyusun kebijakan dengan rekan-rekan di Kanwil DJPb dan KPPN selaku eksekutor, serta seluruh satker di lingkup wilayah kerja Kanwil/KPPN sebagai pelaksana anggaran program pemerintah, mengakhiri sesi kegiatan tersebut. (Kontributor Leni Marlina Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo)

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)