Liputan Acara Sosialisasi Perencanaan Kas dan Peluncuran Penerapan SOP KPPN Percontohan di KPPN Rengat
Ke Penyengat berlayar melepas dahaga
Kota Tembilahan pelabuhan nan sentausa
Semoga KPPN Rengat makin berjaya
Atas dukungan satkernya nan bersahaja
Rengat, perbedaharaan.go.id - Sebait pantun di atas mengakhiri sambutan Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Riau yang dibacakan Pj. Kepala Bidang PP, Catur A. Widodo, sekaligus menandai pembukaan acara "Sosialisasi Perencanaan Kas dan Peluncuran Penerapan SOP KPPN Percontohan" tanggal 17 s.d. 18 Maret 2010 di KPPN Rengat.
Acara ini terasa istemewa di tengah kebersahajaan Gedung Dang Purnama tempat acara berlangsung, karena tekad meluncurkan layanan prima tumbuh dari para pegawai di bawah meskipun tanpa kepemimpinan seorang kepala kantor definitif.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Riau yang diwakili Pj. Kepala Bidang PP secara khusus menyampaikan penghargaan kepada semua satker atas dukungannya terhadap kinerja KPPN Rengat. "Kami atas nama seluruh jajaran Kanwil DJPBN Provinsi Riau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para satker karena kinerja penyerapan dan akuntabilitas anggaran yang semakin membaik di tahun 2009, " ungkapnya.
Selama tahun 2009 dari total pagu belanja sebesar Rp413,8 milyar terserap sebesar Rp398,9 milyar atau 96%. Sementara akuntabilitas anggaran yang ditunjukkan kinerja rekonsiliasi dan pengiriman laporan keuangan yang tepat waktu mencapai 94%. "Kami berharap kerjasama yang baik ini dapat terus ditingkatkan," pungkas Catur A. Widodo.
Selanjutnya, Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Riau dalam sambutan tertulisnya menegaskan kembali komitmen seluruh jajaran untuk terus memperbaiki tata kelola layanan kepada stakeholders melalui prinsip 5 C, yaitu cepat, cermat, cekatan, cerdas, dan citra yang positif, sebagai bagian reformasi birokrasi yang dijalankan DJPBN. Harapannya, perbaikan layanan ini mampu memberikan kontribusi besar dalam menunjang kelancaran pembangunan nasional melalui layanan pencairan dana APBN, penatausahaan penerimaan negara, serta penyusunan laporan keuangan kepada stakeholders.
Pada kesempatan tersebut, tak lupa diperkenalkan juga penetapan Kanwil DJPBN Provinsi Riau berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-46/PB/2010 tanggal 23 Februari 2010 sebagai salah satu pilot project Kanwil Unggulan. "Seluruh layanan yang ada meliputi pengesahan DIPA/revisi DIPA, dispensasi anggaran, dan rekonsiliasi tingkat wilayah nantinya dapat dipastikan lebih cepat, akuntabel, dan tanpa biaya dengan penyelesaian yang lebih transparan," dijelaskan Catur A. Widodo.
Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan/pakta integritas antara satker dengan KPPN untuk tidak memberikan imbalan berupa apapun atas layanan yang diberikan KPPN. Dari pihak satker diwakili oleh Kapolres Indragiri Hulu, Kajari Rengat, Kepala Kantor Kementerian Agama Indragiri Hulu, dan Kepala BPS Kabupaten Indragiri Hulu, sedangkan pihak KPPN diwakili Pjs. KPPN Rengat, Supratman.
Sementara itu, dalam sambutannya Asisten III Bidang Ekonomi Kabupaten Indragiri Hulu, Drs. H. Jalnon Effendi, mewakili Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menyambut baik acara sosialisasi dan peluncuran penerapan SOP KPPN Percontohan ini. "Kami sangat mendukung upaya reformasi birokrasi seperti ini, untuk menghapus stigma pelayanan publik selama ini yaitu kalau bisa diperlambat kenapa harus dipercepat, " katanya.
Dalam laporan sebelumnya, Supratman, menyatakan bahwa launching ini sebagai tindak lanjut dari surat Dirjen Perbendaharaan tanggal 22 Februari 2010 Nomor: S-1028/PB/2010 tentang Tindak Lanjut Program Pemberantasan Mafia Birokrasi. "Sebetulnya KPPN Rengat telah memulai menggunakan SOP KPPN Percontohan sejak tahun 2009 untuk mewujudkan layanan yang cepat, tepat, dan tanpa biaya," katanya.
Secara keseluruhan acara "Sosialisasi Perencanaan Kas dan Peluncuran Penerapan SOP KPPN Percontohan" yang berlangsung selama 2 (dua) hari berjalan dengan lancar. Di hari pertama dilakukan sosialisasi Perencanaan Kas, LPJ Bendahara, dan Akuntansi Berbasis Akrual yang dibawakan oleh Tim Kanwil. Di hari kedua satker diperkenalkan dengan layanan SMS Center dan website KPPN Rengat serta diadakan post-test untuk mengukur tingkat pemahaman satker atas materi sosialisasi. Peningkatan pemahaman tertinggi dicapai oleh satker Madrasah Tsanawiyah Negeri Tembilahan dan kepadanya diberikan hadiah sebagai penghargaan.
Demikianlah, tekad untuk mewujudkan layanan prima yang tumbuh dari kesadaran para pegawai di KPPN Rengat.
Kontributor: Tim Dokumentasi Kanwil DJPBN Provinsi Riau.