Liputan Grand Launching Layanan Unggulan Kanwil Ditjen PBN Prov. Jawa Timur
Surabaya, perbendaharaan.go.id - Sebagai wujud nyata dari komitmen Ditjen Perbendaharaan untuk tidak pernah berhenti berbenah diri dan terus melakukan inovasi dalam rangka melaksanakan Program Reformasi Birokrasi, pada hari Kamis tanggal 6 Mei 2010 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Grand Launching Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan bertempat di lobby Gedung Keuangan Negara (GKN) I Surabaya. Kegiatan ini merupakan peresmian beroperasinya Layanan Unggulan Kanwil yang secara serentak diselenggarakan di 20 Kanwil Ditjen Perbendaharaan seluruh Indonesia yang telah ditetapkan sebagai pilot project Implementasi Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan.
Peluncuran Layanan Unggulan ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang tamu undangan antara lain Perwakilan DPRD Provinsi Jawa Timur, Pimpinan Bank Indonesia Surabaya, Kepala Biro Keuangan Pemprov Jawa Timur yang mewakili Gubernur Jawa Timur, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Kepala Bidang Keuangan Polda Jawa Timur yang mewakili Kapolda Jawa Timur, beberapa Pejabat dari Kantor Wilayah di lingkup Departemen Keuangan yang berkedudukan di Surabaya, beberapa pejabat Bank Operasional, serta perwakilan Satuan Kerja (Satker) yang berkedudukan di Surabaya.
Dalam acara yang berlangsung sederhana namun khidmat ini, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, S. Bambang Suroso menyampaikan sambutan Menteri Keuangan dalam acara Peresmian Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan. Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Ditjen Perbendaharaan sebagai pengelola APBN mempunyai peranan yang sangat strategis dalam meningkatkan kondisi perekonomian negara. Dengan demikian peningkatan kinerja yang disertai perubahan mindset adalah mutlak bagi seluruh jajaran Ditjen Perbendaharaan. Sasaran peningkatan kinerja tersebut adalah terwujudnya kehandalan sistem administrasi pendapatan negara, kelancaran penyaluran dana APBN yang didukung terlaksananya cash management yang optimal, serta diperolehnya laporan keuangan pemerintah dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).
Lebih lanjut Menteri Keuangan dalam sambutannya menegaskan agar seluruh jajaran Ditjen Perbendaharaan senantiasa melakukan perubahan mindset dalam memberikan layanan, melaksanakan fungsi pembinaan Satker guna meningkatkan kapasitas SDM pengelola keuangan negara, mengidentifikasi masalah yang dihadapi satker dalam percepatan realisasi APBN dan memberikan solusinya, serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan APBN. Satker juga diminta oleh Menteri Keangan untuk tidak memberikan imbalan apapun atas layanan Kanwil Ditjen Perbendaharaan, meningkatkan kapasitas SDM dengan memahami dan mematuhi ketentuan pengelolaan keuangan negara, dan meningkatkan koordinasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan dalam pengelolaan keuangan negara termasuk upaya peningkatan SDM.
Setelah penyampaian sambutan Menteri Keuangan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan Gubernur Provinsi Jawa Timur yang disampaikan oleh Kepala Biro Keuangan Pemprov Jawa Timur. Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Timur sebagai wakil Satker turut menyampaikan sambutan pada kesempatan tersebut. Selanjutnya Kepala Bidang Keuangan Polda Jatim yang mewakili Kapolda Jawa Timur juga menyampaikan beberapa patah kata guna memberikan apreasiasi atas Layanan Unggulan ini.
Acara dilanjutkan dengan penekanan tombol secara bersama-sama oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Pimpinan Bank Indonesia Surabaya, Perwakilan DPRD Provinsi Jawa Timur, Kepala Biro Keuangan Pemprov Jawa Timur dan Kepala Bidang Keuangan Polda Jawa Timur sebagai simbol diresmikannya Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur.
Rangkaian acara dilanjutkan dengan peninjauan Pusat Layanan Kanwil Jawa Timur yang terletak di lantai 2 GKN I Surabaya. Pengguntingan pita di pintu Pusat Layanan dilakukan oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur. Kemudian tamu undangan yang didampingi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur disambut oleh Kepala Bidang Pembinaan Perbendaharaan, Trisnohadi yang menjelaskan fitur-fitur Layanan Unggulan Kanwil yang telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi antara lain monitoring elektronik pelaksanaan layanan yang disajikan melalui TV Plasma. Acara ditutup dengan ramah tamah antara segenap tamu undangan dengan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur yang didampingi beberapa Pejabat Eselon III di lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur.
Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan ini bertujuan untuk menunjang percepatan realisasi APBN dan peningkatan kualitas laporan keuangan pada kementerian/lembaga (K/L). Kriteria Layanan Unggulan tersebut adalah kepastian, kecepatan, serta bebas pungutan. Sedangkan ruang lingkup Layanan Unggulan ini meliputi penelaahan dan penerbitan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), pengesahan revisi DIPA, penerbitan surat persetujuan/dispensasi tambahan uang persediaan (TUP), serta rekonsiliasi data laporan pada Sistem Akuntansi Instansi (SAI) Tingkat Wilayah K/L dengan Sistem Akuntansi Umum (SAU) Kanwil Ditjen Perbendaharaan.
Oleh : Kontributor Surabaya