Liputan Pelaksanaan Assessment Pegawai KPPN Jember
Jember, perbendaharaan.go.id- Demi pengembangan mutu kompetensi para pegawainya, banyak organisasi yang kini mengembangkan apa yang disebut sebagai competency-based HR management. Pendekatan ini sejatinya hendak menjadikan elemen kompetensi sebagai salah satu pilar dalam mendongkrak produktivitas pegawai, dan sekaligus meningkatkan kinerja.
Hal inilah yang menjadikan dasar, titik tolak diadakannya assessment bagi seluruh pegawai KPPN Jember yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 17 Juli 2010 di Aula KPPN Jember. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Jember.
Pengembangan kompetensi pegawai secara konstan merupakan sebuah rute panjang yang mesti ditempuh dengan penuh kesungguhan. Tantangannya adalah bagaimana caranya mengukur level kompetensi seorang pegawain, dan metode apa yang sebaiknya digunakan untuk keperluan itu. Disinilah kita kemudian bersinggungan dengan sebuah metode yang acap disebut sebagai assessment center.
Assessment center sejatinya bukan merujuk pada sebuah bangunan, namun pada sebuah metode pengukuran kompetensi. Secara spesifik, assessment center mencoba menggali level kompetensi seseorang melalui serangkain jenis tes (multiple test), dan biasanya juga dilakukan oleh lebih dari satu penilai (rater). Berdasar sejumlah riset empirik, assessment center diketahui memiliki validitas yang tinggi dalam memprediksi level kompetensi individu.
Perlu juga segera ditambahkan bahwa metode assessment center ini hanya digunakan untuk menguji jenis kompetensi soft (soft competency) atau sering juga disebut sebagai managerial competencies (contohnya kompetensi leadership, communication skills, problem solving skills, team skills, dan sejenisnya); dan tidak ditujukan untuk mengukur kompetensi fungsional (seperti marketing research skills, interviewing skills, programming skills, dan sejenisnya).
Melalui metode assessment center inilah, KPPN Jember bisa mengetahui dengan cukup akurat potret kompetensi para pegawainya. Dan dari sinilah kemudian bisa disusun sejumlah employee development plan yang relevan. Ujungnya tentu agar segenap pegawai bisa terus mekar level kompetensinya.
Dengan mengetahui kompetensi setiap pegawai, maka akan semakin mudah mengembangkan organisasi maupun individu-individu yang ada didalamnya. Semoga upaya yang telah dilakukan ini akan memberi manfaat dan nilai tambah bagi kemajuan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Jember khususnya dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada Umumnya.
Oleh: Kontributor KPPN Jember
- Regional
- Dilihat: 5058