Jl. Pramuka No. 63 Bekasi 

Berita

Seputar KPPN Bekasi

Kanwil DJPB Provinsi JaBar Bersama KPPN Bekasi Melakukan Monev Dana Desa

Kanwil DJPB Provinsi Jawa Barat Bersama KPPN Bekasi Melakukan Monev Dana Desa Ke Desa Segara Jaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi pada tanggal 7 Mei 2018.

 

Untuk mendukung pelaksanaan DAK Fisik dan Dana Desa, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat Ibu Yuniar Yanuar Rasyid bersama dengan KPPN Bekasi melaksanakan kegiatan monitoring. Kegiatan monev ini merupakan pelaksanaan sebagian tugas dari Kanwil DJPb dan KPPN dalam rangka turut serta mengawal Dana Desa. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa penyaluran Dana Desa telah tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran. Di samping itu, melalui monev kita bisa melihat dari dekat pelaksanaan Dana Desa serta mendapatkan data dan fakta yang akurat dan terkini tentang perkembangan realisasi dana desa.

Untuk Tahun 2018 ini, tim Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat dan KPPN Bekasi melakukan monev penggunaan dana desa ke desa segara jaya kecamatan Tarumajaya Bekasi.

Pada monitoring ini, Tim KPPN Bekasi menyampaikan bahwa perubahan pembayaran dimana KPPN di daerah saat ini bertindak sebagai penyalur langsung dari RKUN ke RKD untuk diteruskan ke RKDes diharapkan dapat mempercepat proses pencairan dan pelaksanaan Dana Desa sehingga harapan bahwa Dana Desa akan menjadi motor penggerak desa dapat tercapai. Beberapa hal lain yang disampaikan oleh Tim Monev yaitu :

  1. Penyampaian laporan kinerja dan capaian output agar dapat disampaikan secara cepat dan tepat ke BPKAD untuk membantu pelaksanaan pencairan Dana Desa secara keseluruhan tepat waktu;
  2. Penggunaan Dana Desa hendaknya digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat dengan tetap memperhatikan peraturan yang telah digunakan dan tertib secara administrasi dan pertanggungjawaban.

Sebelum pamit untuk kembali ke Bandung, Kakanwil DJPb Provinsi Jabar Ibu Yuniar Yanuar Rasyid menyampaikan bahwa dana desa merupakan wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di perdesaan, sehingga dana tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga desa agar kehidupan mereka kian sejahtera.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

   

Search