Amlapura, perbendaharaan.go.id- Waktu menunjukan Pukul 10.45 WITA, ketegangan bercampur kegembiraan nampak dari wajah optimis pegawai KPPN Amlapura. Hari itu tanggal 28 Maret 2015 adalah hari Istimewa bagi kami, garda terdepan pengawal APBN di Bumi Lahar, Amlapura.
Kunjungan pucuk pimpinan Direktorat Jenderal Perbendaharaan ke Amlapura yang telah lama menjadi harapan dan angan, akhirnya terwujud. Tepat pukul 11.00 WITA, tamu istimewa itupun datang, Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Hardjowiryono didampingi Kepala Kantor Wilayah DJPB Provinsi Bali, IBG Kartika Manuaba menyalami satu persatu pegawai KPPN Amlapura yang berjumlah 16 orang PNS dan 5 tenaga harian.
Pada awal kunjungan, Bapak Dirjen melihat sarana prasarana pendukung layanan di KPPN Amlapura. Sebagai Plh.KPPN Amlapura, Teguh Setiono memaparkan 11 inovasi layanan yang lahir di KPPN Amlapura, antara lain, Kartu Tidak Antri, Layanan Rekonsiliasi Mandiri, Pojok MPN G2, dan yang menjadi unggulan KPPN Amlapura, adalah Layanan Satu Atap. Layanan Satu Atap KPPN Amlapura akan menjadi role model yang akan diterapkan di KPPN KPPN lain sebagai wujud sinergis kantor layanan di Kementerian Keuangan. Layanan Satu Atap memberikan layanan rekonsiliasi SIMAK BMN, Rekonsiliasi SAKPA/SAS dan Konsultasi Pajak. Untuk mewujudkan layanan unggulan ini, KPPN Amlapura melakukan sinergi dengan unit layanan di Kementerian Keuangan, yaitu Kantor Pelayanan Pajak Gianyar, KPKNL Singaraja dan KPKNL Denpasar. Dengan MoU yang telah disepakati oleh Kanwil DJPB, Kanwil Pajak dan Kanwil DJKN, satuan kerja dalam wilayah pembayaran KPPN Amlapura mendapat layanan satu atap sesuai dengan jadwal yang telah disepekati.
Dalam kunjungan ke KPPN Amlapura, Dirjen Perbendaharaan juga berkenan meninjau lingkungan sekitar KPPN, Gedung Arsip, Sarana Rekreasi dan Rumah Dinas. Hal yang cukup menarik perhatian Bapak Marwanto adalah penerapan teknologi reservoir air pada Lingkungan KPPN Amlapura, yaitu salah satu teknologi penampungan air ramah lingkungan yang murah dan bermanfaat tinggi bagi lingkungan sekitar sehingga tidak heran KPPN Amlapura meraih Juara II Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten Karngasem pada tahun 2014.
Setelah berkeliling meninjau lingkungan KPPN, Dirjen Perbendaharaan melakukan tatap muka dan sekaligus menyampaikan isu terkini terkait tugas pokok dan fungsi Direktur Jenderal Perbendaharaan. Dalam paparanya, Beliau menyampaikan Apresiasi kepada KPPN Amlapura, yang telah mencapai beberapa prestasi, antara lain Juara I LKPP Tingkat Nasional pada tahun 2013 dan 2014, Kantor Pelayanan Percontohan Terbaik Lingkup Kemneterian Keuangan Tahun 2014 dan pada tahun ini, menjadi satu satunya wakil Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam Penerapan WBK/WBBM yang diselenggarakan oleh Men PAN dan Reformasi Birokrasi. Pada akhir paparannya, Beliau memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh pegawai. Pertemuan ditutup dengan menyerukan Yel Yel Khas KPPN Amlapura.
“Dirjen Perbendaharan……LuarBiasa, KPPN Amlapura……Berhasil, SPAN……Oke”
oleh : Yogi Bekti Swasana-Kontributor KPPN Amlapura