Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

KPPN Semarang II Menjadi Kantor Pelayanan Percontohan Terbaik

Liputan Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-65
Jakarta, perbendaharaan.go.id -Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati  menyerahkan penghargaan Kantor Pelayanan Percontohan terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan kepada Kepala KPPN Semarang II Dedi Sopandi. Penyerahan Penghargaan dilakukan dalam upacara peringatan Hari Oeang Republik Indonesia, Senin (31/10), di lapangan Kementerian Keuangan.

Penghargaan tersebut diraih KPPN Semarang II berdasarkan hasil penilaian secara langsung dan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat oleh Tim Penilai.  Sebelumnya, KPPN Semarang II bersaing bersama tiga kantor pelayanan percontohan dari unit eselon I lainnya. Kantor Pelayanan tersebut adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Denpasar, Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu Jakarta, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 355/KMK.01/2011, perolehan nilai masing-masing kantor bersaing ketat. KPPN semarang II menempati peringkat pertama setelah meraih nilai 81,75. Penghargaan tersebut menambah koleksi gelar prestasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Menanggapi penghargaan tersebut, Dedi Sopandi mengatakan, &ldquoPenghargaan ini merupakan keberhasilan Ditjen Perbendaharaan dalam menjalankan amanah reformasi birokrasi, khususnya bidang pelayanan publik. KPPN Semarang II menjadi representasi pelayanan Ditjen Perbendaharaan, karena  pada prinsipnya seluruh Kantor vertical Ditjen Perbendaharaan telah menerapkan pola pelayanan yang sama.&rdquo

UPACARAPada kesempatan itu juga Dedi Sopandi menyampaikan ucapan terima kasihnya pada seluruh pihak yang telah mendukung KPPN Semarang II dalam meraih Penghargaan tersebut. &ldquoKPPN Semarang II tidak serta-merta menjadi seperti sekarang ini. Pimpinan-pimpinan terdahulu telah banyak berkontribusi dalam merintis perbaikan KPPN semarang II, termasuk dukungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, serta Kantor Pusat.&rdquo ujar Dedi.

Sementara itu, Anny Ratnawaty yang bertindak selaku inspektur upacara menjelaskan tiga hal yang telah dicapai oleh Kemenkeu sepanjang tahun 2011 ini. "Pada ulang tahun ke-65 ini, ada tiga capaian penting di Kemenkeu. Pertama RUU  OJK (Rancangan Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan) sudah disahkan, RUU APBN (Rancangan Anggaran Perencanaan Belanja Negara) 2012 sudah disahkan. Dengan governance dengan sangat baik dan angka pertumbuhan yg sangat baik," jelas Wamenkeu. Dan yang ketiga adalah pengesahan RUU BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Anny melanjutkan, pencapaian tersebut merupakan momentum yang penting bagi pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, untuk menjalankan seluruh sendi bernegara dan berbangsa. "Demi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat Indonesia. Jadi, ini harus dimaknai oleh seluruh bangsa Indonesia bahwa dengan kerja keras, dengan etika yang tinggi, dengan governance yang baik, semua yang dicita-citakan insyaallah bisa tercapai," tegasnya.

Dalam menjalankan wewenangnya, Kemenkeu tetap berpedoman pada nilai-nilai Kemenkeu, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan,  dan kelima kesempurnaan. Menurut Wamenkeu, nilai-nilai yang sudah diluncurkan tersebut dapat menjadikan Kemenkeu semakin baik bagi masyarakat dan Negara. "Ini menjadi landasan kemenkeu untuk melangkah ke depan," pungkasnya.

 

Oleh: Novri H.S. Tanjung dan Tino A. Prabowo &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)