Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Mou Pertukaran Data antara Kanwil Ditjen PBN Prov. Sumut dengan Pemda Kab/Kota se-Provinsi Sumatera Utara Ditandatangani.

Liputan Workshop Pembinaan Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Statistik Keuangan Pemerintah Kanwil Djpbn Prov. Sumut Medan,

perbendaharaan.go.id, - Bertempat di Ballroom Hotel Santika Dyandra Medan, 04 Desember 2013 Workshop Pembinaan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Statistik Keuangan Pemerintah yang mengusung tema “Bersinergi Membangun negeri” dimulai dengan sambutan Plt. Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, Syahril Anwar, dilanjutkan dengan keynote speech sekaligus pembukaan secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Nurdin Lubis. Dalam sambutannya Nurdin Lubis menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara atas terselenggaranya workshop ini. “Saya berharap, ke depannya acara seperti ini semakin sering diadakan oleh Kementerian Keuangan, sehingga kualitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Provinsi Sumatera Utara akan semakin meningkat”. Ungkap Nurdin.

Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ditjen Perbendaharaan Yuniar Yanuar Rasyid dalam sambutannya menyampaikan bahwa kebutuhan akan perlunya konsolidasi fiskal dan statistik keuangan pemerintah secara nasional sudah dinyatakan dalam laporan hasil reviu BPK atas pelaksanaan transparansi fiskal tahun 2010. BPK menyatakan bahwa secara umum pemerintah telah melakukan upaya untuk berkomitmen dalam menyediakan informasi fiskal kepada publik. Namun, pemerintah belum sepenuhnya dapat menyajikan informasi fiskal mengenai, antara lain, integrasi posisi fiskal nasional (gabungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah), sehingga fungsi pemerintah secara keseluruhan belum terlihat.

Untuk itu, Yuniar menyatakan bahwa dalam rangka pengembangan dan penerapan Statistik Keuangan Pemerintah tingkat wilayah, dibutuhkan sinergi dan komunikasi yang baik antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan dengan pemerintah daerah. “Saya berharap sinergi antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara dan pemerintah daerah yang telah terbangun dengan baik selama ini agar dapat lebih ditingkatkan dalam bentuk komunikasi data dan sinergi dalam peningkatan pengelolaan keuangan daerah. Oleh karena itu, saya menyambut baik penandatanganan MoU antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara dengan pemerintah daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara.” lanjut Yuniar.

Kegiatan Workshop Pembinaan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Statistik Keuangan Pemerintah di Medan dibagi menjadi dua panel. Panel pertama dengan narasumber Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Sumatera Utara, Ayub Amali dengan materi opini BPK terhadap LKPD provinsi/kabupaten/kota se-Sumatera Utara dan Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Indra Suparjanto-Meiling dengan materi Perkembangan Akrual dan GFS tingkat Wilayah. Panel kedua diisi oleh Regional Economist Sumatera Utara Prof. Dr. Ade Fatma Lubis dengan materi Desentralisasi Fiskal dan Otonomi Daerah serta dari Bagian Organisasi dan Tata Laksana Direktorat Jenderal Perbendaharaan Moudy Hermawan dengan materi Kajian Fiskal Regional. Bertindak selaku moderator adalah Kabid Pembinaan APK Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, Ari Nugroho.

Ketua panitia workshop, Plt. Kabid PPA II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut Imam Subagyo berharap bahwa kegiatan workshop ini dapat dijadikan sebagai langkah awal dan pintu masuk bagi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara dan seluruh KPPN se-Sumatera Utara dalam membina hubungan kerja sama yang semakin erat dengan seluruh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Pertukaran Data antara Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara dengan pemerintah daerah kab/kota se-Provinsi Sumatera Utara. Penandatangan Nota Kesepahaman dilaksanakan secara simbolis yang diwakili oleh Pemda Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan disaksikan oleh Sekreatris Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
 
oleh : Kontributor Kanwil Prov Sumatera Utara

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)