Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Memupuk Sinergi Di Kota Hujan

Liputan kegiatan tim building SPAN, 11-13 November 2011
Bogor, perbendaharaan.go.id - Digagas oleh Tim Pengarah RPPN, ide untuk memperKuat kerja sama tim SPAN sebelum fase uji coba sistem (User Acceptance Test) telah diwujudkan dalam kegiatan team building selama 3 hari di Bogor, tepatnya pada tanggal 11-13 November 2011.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Bobby A.A. Nazief , Staf Khusus Menteri Keuangan bidang TI. Malam itu, Jum&rsquoat 11 November 2011, beliau menyampaikan betapa penting arti kerja sama tim dalam mencapai tujuan organisasi dalam hal ini implementasi SPAN. Tak lupa diucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah mengorbankan hari libur dan telah meluangkan waktunya. Turut hadir dalam kesempatan ini Inspektur Bidang III Itjen Kementerian Keuangan, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Direktur Akuntansi, Pelaporan Keuangan, dan Direktur Sistem Manajemen Investasi, serta jajaran pejabat eselon III dari berbagai unit terkait

Keesokan paginya, tanggal 12 November 2011, seluruh peserta memulai kegiatan dengan ber-yoga bersama di lapangan. Dalam rangka mempersiapkan agenda-agenda persiapan implementasi SPAN, acara dilanjutkan dengan sharing session tentang Bagaimana meraih kesuksesan dalam implementasi SPAN. Materi dibawakan oleh Suresh Gummalam,  perwakilan tim penasehat SPAN dari World Bank. 

Setelah acara sharing session berakhir, seluruh peserta diajak ke adventure camp untuk memulai kegiatan inti yaitu team building session. Pada kesempatan ini para pejabat diminta menanggalkan atribut eselonnya, dan jadilah mereka berbaur dengan peserta lainnya. Kelompok-kelompok dinas dengan label DJA, DJPB, Pusintek, dan Itjen untuk sementara tidak berlaku. Peserta secara acak dan spontan dibagi kedalam beberapa grup. Tidak ada lagi kepentingan individu, tujuan dan strategi sudah menjadi target dan misi grup. Keseluruhan aktifitas team building berlangsung hingga sore hari menjelang malam. Aktifitas-aktifitas tersebut bertujuan untuk menguji berbagai soft competency antara lain: kejujuran, tanggung jawab, sportifitas, kepedulian, pengorbanan, dan keikhlasan. Selain itu juga tergambar kemampuan kerja sama antar anggota kelompok termasuk dalam menyusun strategi dan pengambilan keputusan.

Mengakhiri rangkaian kegiatan yang bertemakan Bersinergi untuk Solusi Terbaik ini, dilakukan acara penutupan pada malam harinya oleh Tata Suntara, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan ditandai dengan pelepasan lampion dan balon udara berlogo SPAN.

Oleh : Kontributor Dit. TP, Rany

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)