Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Prioritas Kebijakan Ditjen Perbendaharaan Di Tahun 2014

Liputan Rapimtas Ditjen Perbendaharaan
Magelang, perbendaharaan.go.id &ndash
Ditjen Perbendaharaan bersiap menghadapi tiga agenda besar di tahun 2014. Hal tersebut disepakati dan menjadi kesimpulan Rapat Pimpinan Terbatas (Rapimtas) Ditjen Perbendaharaan, Sabtu (25/1), di Magelang. Rapimtas dihadiri para pejabat eselon I dan II lingkup Ditjen Perbendaharaan, serta sebagian pejabat eselon III dan IV Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono menyampaikan arahan dan prioritas kebijakan di tahun 2014. Terkait aspek organisasi dan proses bisnis, Marwanto meminta perlu ada inovasi yang berkelanjutan, yang diinisiasi oleh kantor vertikal Ditjen Perbendaharaan sebagai langkah penyempurnaan. Ia melanjutkan bahwa kebijakan bukan tidak mungkin lahir atas dasar usulan dari daerah (bottom up). Sehingga, ia siap menampung ide-ide cemerlang dari daerah sebagai bahan inovasi yang berkelanjutan, juga sebagai proses penyempurnaan kondisi yang sudah ada.

Dalam hal mendukung implementasi Government Finance Statistics (GFS) dan kerjasama Regional Economist, Ditjen Perbendaharaan akan memprioritaskan inisiatif kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, akademisi, Pemda serta Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Dengan demikian, Marwanto mengharapkan sinergi tersebut melahirkan peningkatan kualitas dan efektifitas hasil kinerja.

okeMengenai SPAN, Marwanto menegaskan kembali komitmen jajarannya. Dengan dimulainya Piloting SPAN pada tanggal 2 Januari 2014 yang lalu, maka menurutnya tidak akan ada kata kembali ke produk legacy, &ldquono point of return,&rdquo ujarnya dihadapan para peserta Rapimtas. Oleh karena itu, ia meminta seluruh komponen Ditjen Perbendaharaan wajib mendukung keberhasilan implementasi SPAN di setiap fase pelaksanaannya. Komunikasi dan edukasi kepada seluruh stakeholder harus sesegera mungkin dilakukan dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Selain itu, Marwanto mengajak seluruh jajaran Ditjen Perbendaharaan untuk peka dengan kondisi perkembangan dan kondisi makro ekonomi, yang pada tahun 2014 ini bisa jadi tidak lebih baik dibanding tahun 2013 yang lalu. Menurutnya, disadari atau tidak, pergerakan ekonomi dunia dan perubahan kondisi makro akan turut mempengaruhi kinerja fiskal Ditjen Perbendaharaan, yang pada gilirannya akan berdampak pada kinerja dan pencapaian target pekerjaan, baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Oleh: Tim Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)