Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Majalah Treasury Indonesia Raih Bronze InMA SPS Awards

Majalah Treasury Indonesia (MTI) meraih penghargaan Bronze untuk kategori Inhouse Magazine Awards (InMA) - The Best of Government Magazine atau predikat perunggu untuk majalah instansi pemerintah dari Serikat Pekerja Pers (SPS) Indonesia dalam SPS Awards Tahun 2024. Penghargaan tersebut diserahkan pada Selasa (30/04) di Jakarta.

Serikat Perusahaan Pers (SPS) adalah organisasi perusahaan pers tertua di Indonesia yang lahir 78 tahun lalu. SPS Awards merupakan apresiasi untuk karya jurnalistik media, pers kampus, serta korporasi dan institusi di seluruh Indonesia. Tema yang diangkat untuk penyelenggaraan tahun ke-15 ini ialah ”Pers Sehat, Demokrasi Kuat”.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat membuka malam penganugerahan penghargaan menyampaikan bahwa konten merupakan bagian terpenting dari sebuah produk pers. Jika standar kualitas konten dan verifikasinya diturunkan, maka hal ini sama dengan menurunkan martabat jurnalistik di Indonesia.

“Apa yang dilakukan SPS dengan memberikan awarding adalah bagian penting bahwa sebetulnya yang bertanggung jawab untuk pers yang profesional bukan hanya insan pers, melainkan juga pemerintah, swasta, masyarakat, dan penegak hukum,” ungkap Ninik. 

Adapun Ketua Umum SPS Terpilih periode 2023-2027 Januar P. Ruswita dalam sambutannya mengapresiasi peningkatan entry peserta tahun ini yang menandakan bahwa media cetak pun masih disukai, di samping portal berita yang berkembang dengan baik.

“Perhelatan SPS Awards 2024 menegaskan peran pers dalam membangun demokrasi saat ini telah terimplementasikan dalam berbagai peran penting. Pers tidak saja menjadi institusi penyebarluasan informasi bagi publik, tetapi juga merepresentasikan fungsi kontrol, fungsi kritik,sekaligus memberikan ruang bagi partisipasi publik. Pers adalah salah satu elemen penting penopang demokrasi,” sebut Januar.

SPS Awards tahun ini memiliki beberapa kategori kompetisi, yakni Indonesia Print Media

Awards (IPMA), Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), Indonesia Students Media Awards (ISMA), dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA). SPS Award 2024 diikuti 299 entry kategori IPMA, 205 entry kategori InMA, 12 entry kategori IYRA, 85 entry kategori ISMA, dan 118 entry kategori IDMA. Dalam keikutsertaan perdananya, Ditjen Perbendaharaan mengirimkan MTI Volume 3 Tahun 2023 untuk kategori InMa.

Dewan Juri SPS Awards 2024 terdiri atas Jojo S Nugroho (Dewan Penasihat Asosiasi Perusahaan PR Indonesia), Mas Sulistyo (Creative Director DM ID Group), Asmono Wikan (Sekretaris Jenderal SPS Pusat), Agus Susanto (Wartawan Foto Harian Kompas), Nia Sarinastiti (Dosen Ilmu Komunikasi dari Unika Atmajaya), Yadi Hendriana (Ketua Komisi Pengaduan Etika Pers di Dewan Pers), dan Hermanus Prihatna (Pensiun Redaktur Foto Kantor Berita Antara). [LRN/DK]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)