Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Presiden Ri: Negara Dan Rakyat Akan Dirugikan Jika Penggunaan APBN/ APBD Tidak Optimal

Liputan Penyerahan DIPA TA 2012
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash &ldquoNegara dan rakyat akan dirugikan jika penggunaan APBN/ APBD tidak optimal&rdquo, ujar Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran (TA) 2012 kepada para menteri, pemimpin lembaga, dan gubernur se-Indonesia, Selasa (20/12/2011), di Istana Negara Jakarta. Penyerahan DIPA tersebut menandai dimulainya pelaksanaan anggaran di tahun 2012.

Presiden menilai pola pelaksanaan anggaran pada tahun 2011 tidak optimal. Hal tersebut berdasarkan nilai penyerapan yang masih rendah sampai dengan tanggal 30 November 2011. Belanja barang baru terealisasi sebesar 59%, sementara belanja modal masih berada pada nilai 46%.

&ldquoDengan kondisi penyerapan seperti ini, kita telah kehilangan peluang. Seharusnya pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh lebih tinggi. Kita telah menyia-siakan momentum,&rdquo ujar presiden di hadapan para menteri, pemimpin lembaga, dan gubernur.Penyerahan DIPA 2012

Presiden juga menekankan pentingnya peran belanja pemerintah. Menurutnya, jka dilaksanakan sesuai dengan rencana, belanja pemerintah bisa berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengungkapkan hal serupa. Lemahnya perencanaan kegiatan pada kementerian/ lembaga berdampak pada buruknya pola penyerapan anggaran. Menteri Keuangan melaporkan kepada presiden, &ldquoMasih banyak kementerian/ lembaga yang melakukan perencanaan dengan kasar (tidak detail- red.). Bahkan masih ada yang mencantumkan jumlah nilai perencanaan tahun lalu,&rdquo ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI menyerahkan DIPA secara simbolis kepada enam kementerian/ lembaga dengan nilai penyerapan terbesar di tahun 2011. Kementerian/ lembaga tersebut adalah Kementerian PU, Kementerian Perhubungan, Kejaksaan Agung, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Riset dan Teknologi. Kemudian, presiden melanjutkan penyerahan DIPA kepada para gubernur se-Indonesia.


Oleh: Tim Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)