Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Tiga Petuah Khusus Dari Presiden

Liputan Penyerhan DIPA TA 2012
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash
Pola penyerapan anggaraan yang tidak optimal di Tahun Anggaran 2011, sangat disayangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurutnya, bila penyerapan anggaran  2011 lebih baik, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan jauh lebih baik. Presiden juga mengingatkan dihadapan para menteri, pimpinan lembaga, dan gubernur se-Indonesia bahwa belanja pemerintah merupakan salah satu kontributor utama dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Hal itu disampaikan presiden dalam acara penyerahan DIPA  Tahun Anggaran 2012, Selasa (20/12), di Istana Negara Jakarta.

&ldquoHarus ada koreksi, perbaikan, dan kemungkinan sanksi yang akan dilakukan agar penyerapan anggaran lebih baik di masa depan,&rdquo tegas Presiden.

Presiden meminta perbaikan dari semua pihak guna pelaksanaan anggaran yang lebih baik. Ada tiga hal yang ditekankan presiden kepada para menteri, pimpinan lembaga, dan gubernur se-Indonesia terkait pelaksanaan anggaran di tahun 2012 mendatang. Pertama, presiden meminta semua pihak untuk dapat duduk bersama dalam membenahi regulasi yang menghambat percepatan realisasi anggaran. Hal itu perlu dilakukan karena presiden masih mendapat laporan mengenai  regulasi yang mengunci realisasi anggaran. Bahkan, presiden memberi tengat waktu selama tiga bulan untuk perbaikan regulasi  pelaksanaan anggaran.

PENYERAHAN DIPAKedua, presiden meminta kepada para menteri, pimpinan lembaga, dan gubernur se-Indonesia untuk dapat memberikan pengawasan dan pengendalian secara langsung. Hal tersebut penting dilakukan guna memastikan jajaran pelaksanaan anggaran bekerja dengan baik dan optimal. Selain itu, kementerian dan lembaga diminta untuk menyusun dibusrsement plan sebagai alat untuk membantu monitoring rencana penarikan dan masing-masing kementerian/ lembaga.

Ketiga, presiden membentuk Tim Evaluasi dan Pengawas. Tim tersebut terdiri dari berbagai unsur  terkait, dimana salah satunya adalah Kementerian Keuangan. Presiden memberikan amanah evaluasi dan pengawasan tingkat realisasi anggaran kepada Tim tersebut. Laporan evaluasi dan pengawasan  secara berkala disampikan Tim Evaluasi dan Pengawas kepada presiden setiap empat bulan.

Oleh: Tim Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)