Makassar, perbendaharaan.go.id -KPPN Makassar I mengadakan Grand Launching produk inovatifnya berupa Layanan Optima Mitra Prima, Senin (9/5), di Makasar.
Layanan Optima Mitra Prima adalah sebentuk apresiasi KPPN Makassar I kepada para stakeholder yang berada dalam wilayah kerjanya, yang terbukti mampu menjawab tantangan untuk merealisasikan pencairan dananya dengan cepat, tepat dan efisien. Setiap akhir bulan, KPPN Makasar I mengevaluasi lima Satuan Kerja (satker) yang menduduki peringkat teratas dalam hal presentase penyerapan dana dalam satu bulan (minimal 10%, diluar Belanja Pegawai), serta ketepatan waktu pengiriman dan akurasi data AFS (Aplikasi Forecasting Satker).
Satker-satker yang berprestasi tersebut ditetapkan menjadi Mitra Prima KPPN Makassar I selama satu bulan berikutnya. Sebagai Mitra Prima, maka satker berhak atas reward berupa Privilege untuk mengakses Ultimate Service, layanan kelas satu, yaitu:
- Prioritas Utama layanan pencairan dana tanpa antrian
- Prioritas Utama untuk mendapatkan/memilih layanan Front Officer terbaik (Front Officer yang paling banyak dikunjungi Mitra Prima akan di tetapkan sebagai The Top Front Officer)
- Prioritas Utama layanan konsultasi tanpa antrian
- Prioritas Utama proses penyelesaian SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana)
- Prioritas Utama konfirmasi Surat Setoran Penerimaan Negara
- Prioritas Utama layanan-layanan lainnya yang terkait dengan proses pencairan SP2D.
Peluncuran program lavanan inovatif ini merupakan apresiasiKPPN Makassar I kepada para mitranya, sekaligus bentuk komitmennya untuk mewujudkan akselerasi penyerapan dana tanpa meninggalkan prinsip-prinsip prudensial.
Dalam sambutannya, Kepala KPPN Makassar I, I Nengah Gradug menyampaikan penghargaan kepada lima stakeholder berprestasi terbaik agar selalu menjaga kinerjanya, karena stakeholder yang sudah ditetapkan menjadi Mitra Prima mempunyai kesempatan mendapatkan privilege yang lebih prestisius yang sedang disiapkan, yaitu Layanan Premium MITRA PLATINUM. Kelima stakeholder yang menerima penghargaan tersebut adalah :
- Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Pangkep (018.08) (53%)
- Dinas Pertanian Kab. Gowa (018.08) (44%)
- Dinas Pertanian Kab. Gowa (018.03) (24%)
- Dinas Kehutanan Prop. Sulsel (029.03) (21%)
- Stasiun Meteorologi Maritim Paotere (075.01) (19%)
Motivasi juga diberikan kepada satker lainnya yang belum mendapatkan penghargaan untuk lebih bersemangat berkompetisi agar mendapatkan apresiasi yang sama.
Mengakhiri sambutan singkatnya, Kepala KPPN Makassar I menyitir motto Layanan Optima Mitra Prima, “Kami Mengerti Bagaimana Mengapresiasi Sebuah Prestasi”.
Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Pardiharto, yang juga menghadiri acara ini, berkenan membuka seremoni yang berlangsung semarak. Dalam pengarahan singkatnya, selain penghargaan kepada stakeholder, apresiasi juga disampaikan kepada KPPN Makassar I seperti pernyataannya berikut ini “Layanan ini adalah yang pertama kalinya di Indonesia, semoga dengan adanya layanan ini stakeholder terpacu untuk saling berkompetisi meningkatkan persentase penyerapan dana APBN sebagaimana digariskan oleh Presiden”.
Mengakhiri rangkaian acara, Kepala KPPN Makassar I dengan didampingi oleh Kakanwil Prov. Sulsel menyerahkan penghargaan kepada 5 satker yang terpilih sebagai Mitra Prima berupa Sertifikat dan Privilege Card.
Oleh: Tim kreatif kppn makassar I