Uji Kompetensi Bendahara

Uji Kompetensi Bendahara

 

Uji Sertifikasi Bendahara Yang Selanjutnya Disebut Ujian Sertifikasi Adalah Rangkaian Proses Uji Secara Objektif Untuk Menilai Karakter, Kompetensi, Dan Kemampuan Untuk Menjadi Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Atau Bendahara Pengeluaran Pembantu Berdasarkan Stnadar Kompetensi Bendahara.

Bendahara Negara Tersertifikasi (BNT) Adalah Gelar Yang Diberikan Kepada PNS, Prajurit TNI, Atau Anggota Polri Yang Lulus Ujian Sertifikasi.

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara. (Pasal 21 Dan 25)
  2. Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Sertifikasi Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara
  3. Peraturan Mentri Keuangan Nomor 128/PMK.05/2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Mentri Keuangan Nomor 126/PMK.05/2016 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Sertifikasi Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara
  4. Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-23/PB/2017 Tentang Petunjuk Teknis Sertifikasi Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola APBN

Informasi Pelaksanaan E-Learning

Sehubungan Dengan Pelaksanaan E-Learning Bendahara Pengeluaran /BPP Dan Bendahara Penerimaan Tahun 2021 Dalam Rangka Sertifikasi Bendahara, Dapat Kami Sampaikan Hal-Hal Sebagai Berikut:

  • Banyaknya Pergantian Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelolaan APBN Dan Kurangnya Informasi Terkait Pelaksanaan E-Learning Bendahara,Mengakibatkan Tingginya Volume Pertanyaan Terkait Dengan Pelaksanaan E-Learning Bendahara Baik Kepada Pusdiklat Anggaran Dan Perbendaharaan BPPK Kementrian Keuangan Selaku Penyelenggara E-Learning Bendahara Maupun Direktorat Sistem Perbendaharan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Selaku Unit Penyelenggara Sertifikasi Bendahara.
  • Sehubugan Dengan Hal Tersebut, Telah Disiapkan Laman Berbasis Web Yang Memuat Informasi Terkait E-Learning Bendahara Antara Lain Sebagai Berikut :
  1. Informasi Umum Tentang Persyaratan Peserta, Jadwal, Serta Mekanisme Alur Pelaksanaan E-Learning Bendahara Dan Sertifikasi Bendahara
  2. Informasi Tentang Tahapan Pendaftaran Yang Menjelaskan Secara Terperinci Terkait Tata Cara Melakukan Registrasi E-Learning Bendahara, Dokumen Yang Harus Disiapkan, Dan Pembagian Angkatan;
  3. Informasi Tentang Tahapan Persiapan Pelatihan Yang Memuat Mekanisme Penaftaran Kemenkeu Learning Center (KLC), Cara Bergabung Ke Dalam Whatsapp Group (WAG) Bagi Para Peserta E-Learning Bendahara, Dan Pengisian Data Peserta Pada Apliaksi SEMANTIK Untuk Keperluan Sertifikat; Dan
  4. Informasi Tentang Tahapan Pelaksanaan Pelatihan Yang Menjelaskan Tata Cara Penyebaran Informasi Terkait E-Learning Kepada Peserta Oleh Panitia Dari Pusdiklat AP Melalui WAG, Mekanisme Pembelajaran E-Learning Bendahara, Panduan Uji Komprehensif Pada KLC, Protocol Ujian Komprehensif Serta Panduan Registrasi Dan Ujian Sertifikasi Pada Aplikasi Simserba.
  • Berkenaan Dengan Hal Tersebut Di Atas, Kami Informasikan Laman Web Dimksud Pada Angka 2 Kepada Seluruh Satuan Kerja Pengelola APBN Mitra Kerja KPPN Banda Aceh Melalui Tautan Yang Diharapkan Dapat Mempercepat Penyampaian Informasi Yang Akurat Tentang E-Learning Bendahara Dan Sertifikasi Bendahara Bagi Seluruh Satuan Kerja Pengelola APBN

Secara Garis Besar , Alur Pelaksanaan Ada 3 Tahap :

  1. Tahap Pendaftaran
  2. Tahap Persiapan Pelatihan
  3. Tahap Pelaksanaan Pelatihan

E-Learning Bendahara TA 2021

Persyartan Peserta

Sasaran (Trget Learners)

  1. E-Learning Bendahara Pengeluaran/Bendahara Pengeluaran Pembantu : Bendahara Pengeluaran / Bendahara Pengeluaran Pembantu Calon Bendahara Pengeluaran / Bedahara Pengeluaran Pembantu, Yang Memenuhi Syarat Minimal Untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Bendahara.
  2. E-Learning Bendahara Penerimaan : Bendahara Penerimaan Atau Calon Bendahara Penerimaan, Yang Memenuhi Syarat Minimal Untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Bendahara

Persyaratan Peserta

  • Persyaratan Administrasi
  1. PNS/Prajurit TNI/Anggota Polri (Mohon Maaf,CPNS Tidak Dapat Mengikuti Pelatihan Ini);
  2. Pangkat/Golongan Minimal Pengatur Muda Tk.I (II/B) Utk PNS, Brigadir Polisi Satu Utk Polri, Atau Sersan Satu Utk TNI);
  3. Ditugaskan Oleh Pimpinan Masing-Masing Instansi Dibuktikan Dengan Surta Tugas Yang Diupload Di KLC
  • Persyaratan Kompetensi
  1. Pendidkan Minimal SLTA
  2. Menguasai Penggunaan Aplikasi Computer 9setara MS Word, Dan MS Excel) Tingkat Dasar

Pastikan Bapak / Ibu Memenuhi Syarat Diatas Sebelum Mendaftar. Persyaratan Tersebut Tertuang Dalam Kerangka Acuan Pembelajaran (KAP). Apabila Di Kemudian Hari Ditemukan Peserta Yang Tidak Memenuhi Syarat, Otomatis Akan Dibatalkan Keikutsertaannya.

Tahap Pendaftaran

  1. Informasi. Peserta Dan Satker Memperoleh Informasi Pendaftaran E-Learning BP/BPP Dan Bendahara Penerimaan Dari DSP/KPPN/Pusdiklat AP
  2. Alur. Setiap Calon Peserta Membaca Alur Pelasanaan Program E-Learning;
  3. Koordinasi. Setiap Calon Peserta Wajib Berkoordinasi Dengan KPPN Mitra Satker Untuk Pendaftaran Pelatihan Bendahara
  4. Registrasi. Calon Peserta Mengisi Formulir Registrasi Elektronik Dari Direktorat Sistem Perbendaharaan, Direktorat Jendral Perbendaharaan (Tautan Ada Dibawah) Dengan Lengkap Dan Benar Sesuai Data Sebenarnya.Apaila Ditemukan Data Yang Tidak Sesuai Persyaratan, Akan Dibatalkan Kepersertaanya. Calon Peserta Hanya Diperkenankan Mengisi Registrasi 1 Kali, Kecuali Bila Tidak Lulus E-Learning Angkatan Sebelumnya Dapat Melakukan Pendaftaran Kembali.
  5. Dokumen . Document Yang Harus Diuplooad Pada Saat Mengisi Registrasi Adala Surat Usulan Peserta, SK Pangkat Terakhir Dan Ijazah Pendidikan Terakhir Dalam Format PDF,Pas Foto Sesuai Ketentuan (Silahkan Lihat Ketentuan Foto Di Sini), Serta Dokumen Lain Yang Dipersyratkan. Informasi Lebih Rinci Mengenai Registrasi Dijelaskan Lebih Lanjut Dalam Formulir Registrasi Tersebut;
  6. Seleksi. Setelah Mendaftar, Pusdiklat AP Akan Melakukan Seleksi Dan Pembagian Angkatan. Peserta Dapat Mengecek Status Registrasi Dan Hasil Seleksi Dan Pembagian Angkatan Pada Halaman Daftar Peserta Bendahara Pada Tautan Dibawah. Pembagian Angkatan Dilakukan Berdasarkan Kuota Dan Kebutuhan.Daftar Peserta Bendahara Tersebut Akan Diupdate Secara Berkala.
  7. Hasil Seleksi. Apabila Namanya Telah Tercantum Dalam Daftar Peserta Bendahara, Silahkan Lanjut Ke Tahap Selanjutnya, H-2 Sebelum Pelaksanaan  Pelatihan Dimulai.
  8. Pengumuman. Peserta Yang Terdapat Dalam Daftar Peserta Bendahara Akan Dicantumkan Dalam Pengumuman Hasil Seleksi Dan Pemanggilan Peserta Untuk Megikuti Pelatihan Bendahara. Pengumuman Tersebut Akan Diupload Di Drive Pengumuman H-3 (Hari Kalender) Sebelum Pelatihan Dimulai. Drive Pengumuman Ada Di Bagian Bawah Halaman Ini.
  9. Surat Tugas. Bagi Peserta Yang Namanya Tercantum Dalam Pengumunan Hasil Seleksi Dan Pemanggilan Pserta Untuk Mengikuti E-Learning Bendahara Seperti Pada Poin 8 (Dan Juga Akan Diinformasikan Melalui KPPN Sebelum Pelatihan Dimulai), Mohon Menyiapkan Surat Tugas Mengikuti E-Learning Bendahara Pengeluaran /BPP Atau Bendahara Penerimaan Sesuai Tanggal Angkatan Yang Diikuti Yang Ditandatangani Oleh Pimpinan Satker. Surat Tugas Tersebut Wajib Diupload Melalui Media Yang Ditentukan Selama Pelaksanaan E-Learning Berjalan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Pendaftaran :

  • Sebelum Mengisi Form Pendaftaran, Mohon Cek Terlebih Dahulu Apakah Bapak/Ibu :
  1. Memenuhi Syarat Untuk Mengikuti Pelatihan Seperti Yang Tercantum Di Atas Terutama Syarat Pangkat Golongan Dan Pendidikan
  2. Belum Pernah Lulus BNT, Apabila Sudah Lulus BNT Tidak Dapat Mengikuti Pelatihan Bendahara. Utk Cek Nomor BNT Dapat Ditanyakan Ke KPPN, Atau Bisa Dicek Di Daftar Peserta Bendahara Pada Sheet “ Cek BNT BP” Atau “Cek BNT B.Penerimaan”
  • Setelah Mengisi Pendaftaran, Silahkan Mengecek Secara Mandiri :
  1. Apakah Data Pendaftaran Sudah Masuk,Isian Data Sudah Benar, Dapat Dicek Di Daftar Peserta Bendahara Sheet “ Pendaftar ALL”
  2. Hasil Seleksi Dan Pembagian Angkatan Dapat Dicek Di Sheet “Peserta BP/BPP” Atau “Peserta Bendahara Penerimaan”

Tahap Persiapan Pelatihan

Pada H-2 Sebelum Pelatihan Dimulai, Peserta Wajib:

  • Daftar / Login KLC
  1. Peserta Yang Belum Memiliki Akun KLC Silahkan Mendaftar Di Alamat Http://Klc2.Kemenkeu.Go.Id Dengan Memilih “Masuk Dengan Google” Bagi Pegawai Non-Kemenkeu. Bila Peserta Telah Memiliki Akun KLC Dapa Melanjutkanke Langkah Berikutnya. Harap Diperhatikan, Digunakan Akun Gmail Yang Sama Setiap Kali Bapak / Ibu Masuk Ke KLC2, Jangan Menggunakan Akun Gmail Lain Kerena Akan Mengakibatkan Tidak Bisa Mengikuti Pembelajaran Di KLC2. Panduan Lengkap KLC Ada Link Panduan Di Bagian Bawah Halaman Ini.
  2. Course Pada Program Pelatihan Bendahara Ini Bersifat Undangan, Artinya Hanya Peserta Yang Telah Terdaftar Dan Lulus Seleksi Yang Bisa Mengikuti Course Ini, Dan Akan Otomatis Di Undang Pada Saat Pelatihan Dimulai. Silahkan Cek Pada Menu Undangan Di Akun KLC Masing-Masing Pada Saat Pelatihan Dimulai. Atau Bisa Cek Tautan Course KLC2 Utk Pelatihan Bendahara Yang Sesuai Di Bagian Bawah
  3. Hanya Peserta Yang Telah Terdaftar Dan Namanya Terdapat Dalam Pengumuman Hasil Seleksi Yang Akan Diundang, Dan Bisa Klik Jaoin.Admin Akan Mulai Melakukan Undangan Paling Lambat Hari Pertama Pelatihan Dimulai.
  4. Panduan Lengkap Aplikasi KLC2, Mulai Dari Membuat Akun, Sampai Dengan Menyelesaikan E-Learning, Silahkan Cek Di Video Di Bawah.
  • Bergabung Di Whatsapp Group
  1. Peserta Akan Disinvite Di WAG Oleh Admin Kelas Pada H-1 Sebelum Pelatihan Dimulai, Dan Wajib Mengikuti Seluruh Kegiatan Kegiatan Pembelajaran Synchronouse. Informasi Jadwal Synchronous Akan Disampaikan Melalui WAG Oleh Admin Kelas Masing-Masing. Mohon Untuk Menyimak Dan Membaca Terlebih Dahulu, Semua Petunjuk Yang Disampaikan Oleh Petugas Kelas, Agar Tidak Yang Terlewat.
  2. Informasi Pembagian Kelas Dan Link WAG Akan Diupload Di Drive Pengumuman Hasil Seleksi Dan Pemanggilan Peserta, Serta Link WAG Tiap Angkatan Di Bagian Bawah Atau Klik Disini. Informasi Tersebut Juga Akan Diumumkan Oleh DSP Ke Seluruh KPPN Untuk Mempercepat Penyampaian Informasi Dan Memastikan Seluruh Peserta Mendapatkan Informasi Dan Bergabung Ke WAG. Peserta Bisa Bergabung Di WAG Secara Mandiri Melalui Link Di Panduan Tersebut.Peserta Yang Belum Join Secara Mandiri Akan Disinvite Oleh Admin Kelas Paling Lambat Pada Hari Pertama Pelatihan
  • Login Semantic

Setiap Peserta Wajib Update Data Diri Pada Aplikasi Semantic Untuk Keperluan Sertifikat Paling Lambat Hari Kedua Pelatihan

Alamat       : Https://Semantik.Bppk.Kemenkeu.Go.Id/Student

Username  : NIP

Kata Sandi : NIP

Panduan Aplikasi Semantic Dapat Dibaca Pada Link Panduan Dibawah.

Tahap Pelaksanaan Pelatihan

  1. Semua Informasi Terkait Pelaksanaan Pelatihan Sampai Dengan Ujian Komprehensif Serta Ujian Sertifikasi,Akan Diinformasikan Oleh Admin Kelas Masing-Masing Di Group Sepanjang Pelatihan Berlangsung
  2. Peserta Wajib Hadir Setiap Tatap Muka (Synchronous) Melalui Zoom. Kehadiran Pada Sesi Tatap Muka Di Zoom Menjadi Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Ujian Komprehensif. Jadwal Tiap Sesi Dan Link Zoom Akan Diinformasikan Oleh Admin Kelas Masing-Masing Di Group WA
  3. Untuk Mengerjakan E-Learning Di KLC, Waktunya Fleksibel, Bisa Dikerjakan Sekaligus Di Awal, Atau Cicil, Sepanjang Masih Dalam Batas Waktu Pengerjaan KLC Yaitu Hari Ke-5 Untuk E-Learning Bendahara Pengeluaran / BPP, Atau Hari Ke-4 Untuk E-Learning Bendahara Penerimaan, Pukul 23.59 WIB. Namun Untuk Menghindari Kendala Yang Tidak Diinginkan Yang Mungkin Terjadi, Mohon Untuk Tidak Menunda Pengerjaan KLC Mendekati Batas Akhir. Apabila Waktu Lelah Habis, Sistem Otomatis Tertutup Dan Tidak Ada Lagi Yang Bisa Dilakukan.
  4. Hanya Peserta Yang Memenuhi Syarat (Nilai,Kehadiran, Dll) Yang Berhak Mengikuti Ujian Komprehensif.
  5. Apabila Peserta Lulus Ujian Komprehensif, Maka Berhak Mengikuti Ujian Sertifikasi BNT. Ujian Sertifikasi Diselenggarakan Melalui Aplikasi Simserba Dengan Alamat Simserba.Kemenkeu.Go.Id.
  6. Jadwal, Panduan, Dan Prosedur Ujian Komprehensif Dan Ujian Sertifikasi Akan Diinformasikan Oleh PIC Terkait Melalui Group WA
  7. Panduan Lengkap Cara Mengerjakan E-Learning Pada KLC, Panduan Ujian Komprehensif Pada KLC, Protocol Ujian Komprehensif, Dan Panduan Registrasi SIMSERBA Juga Terdapat Dalam Link Panduan Dibawah.

 Kontributor Ida & Fara

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search