Hujan Gol di Laga Eksibisi Unimal FC vs Oeang FC

Tim OEANG FC yang terdiri atas para pegawai Kementerian Keuangan Aceh dan stakeholders melakukan laga eksibisi melawan tuan rumah Unimal FC di lapangan sepak bola Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Sabtu (3/12). Laga yang dimenangkan oleh tim tamu diwarnai hujan gol, dengan skor akhir 5-8. Faktor cuaca yang sejuk ditambah jumlah personil tim OEANG FC yang terlampau banyak membuat laga digelar menjadi tiga babak.

Tim OEANG FC bertolak ke Lhokseumawe hari Jumat (2/12) sekitar pukul 19.30 WIB, menggunakan tiga unit mobil. Sesampainya di Lhokseumawe sekitar pukul 00.30 WIB, tim menginap di aula lantai III KPPN Lhokseumawe. Keesokan hari, setelah sarapan yang disediakan oleh KPPN Lhokseumawe, tim bertolak menuju lapangan sepakbola Universitas Malikussaleh.

 

Jalannya Pertandingan

Laga dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, di bawah cuaca mendung dan disertai hujan gerimis. Kondisi lapangan yang licin dan bergelombang membuat kedua tim kesulitan. Beberapa kali pemain dari kedua kesebelasan harus jatuh-bangun dan terpeleset. Tak ada tim yang dominan di babak pertama. Namun tim tuan rumah yang mengenakan kostum kuning lebih beruntung dengan menjaringkan bola sebanyak empat kali, meski dua diantaranya harus dianulir wasit karena offside. Beberapa kali tiga pemain belakang tim OEANG FC yang terdiri dari Abdullah (DJP)Gimor (DJKN), dan Iwan (GKN) harus berjibaku mengamankan daerahnya. Tim OEANG FCsendiri masih berusaha beradaptasi dengan kondisi lapangan, beberapa kali peluang harus terbuang akibat kondisi lapangan yang licin, diantaranya melalui pemain sayap, Jakfar (DJPb), dan Nofiansyah (DJKN). Satu gol OEANG FC pun berasal dari gol bunuh diri salah seorang pemain belakang tim tuan rumah setelah backpass-nya gagal diterima oleh penjaga gawang yang terpeleset, bola pun meluncur ke gawang sendiri. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk tuan rumah.

 

Babak kedua, OEANG FC yang dilatih Zaini 'Zein' (DJKN) melakukan beberapa pergantian pemain dan perubahan formasi dari 3-5-2, menjadi 4-1-4-1 dengan Aris (DJP) berperan sebagai jangkar di lini tengah. Hal ini rupanya berdampak positif. Dengan empat pemain belakang, serangan sayap tim lawan berhasil diredam, sebaliknya tim OEANG FC menjadi lebih agresif. Tanpa ampun, tujuh gol berhasil dilesakkan oleh tim tamu. Keran gol dibuka oleh Syahrial (DJPb) yang memborong dua gol (brace). Namun gelar man of the match disematkan kepada Khaidir (GKN) yang mencetak quattrick (empat gol) dan dua assist, termasuk satu gol sensasional jarak jauh : Bola lob dari tengah lapangan, setelah dengan jeli melihat posisi penjaga gawang tim tuan rumah yang terlampau jauh meninggalkan gawangnya. OEANG FC mencetak satu gol tambahan melalui Bakhtaruddin (Kepala Kanwil DJPb) melalui open play. Sedangkan Unimal FC hanya beberapa kali mengancam pertahanan tim tamu yang dikomandoi Budi (DJPb). Satu-satunya peluang terbaik mereka melalui tendangan spekulasi berhasil diblok dengan baik oleh penjaga gawang, Effendi (BPTU). Namun keagresifan tim tamu menjadi bumerang ketika bek sayap kiri mereka, Cecen (DJPb) melakukan overlapping ke jantung pertahanan tuan rumah dan meninggalkan lubang di sektor kiri pertahanannya. Peluang ini berhasil dimanfaatkan oleh para pemain Unimal FC melakukan serangan balik melalui sayap kanan dan mencetak satu-satunya gol di babak ini. Skor babak kedua, tim tamu unggul 8-3.

Di babak ketiga, intensitas serangan tim OEANG FC menurun, sebaliknya, tak ingin kalah dengan selisih banyak gol, tim tuan rumah menerapkan pola serangan agresif dengan memanfaatkan kedua sektor sayap. Sebenarnya kedua tim bermain cukup apik dan taktis dengan menerapkan teknik bola-bola pendek dari kaki ke kaki, dan sesekali umpan terobosan melalui sektor sayap, namun lemahnya penyelesaian akhir, membuat serangan tim OEANG FC kandas. Sebaliknya, tim tuan rumah berhasil memperkecil kekalahan dengan menambah dua gol ke gawang Herman (BCA). Saat peluit panjang dibunyikan, skor akhir menjadi 5-8 dengan keunggulan tim OEANG FC. Selepas pertandingan, kedua tim saling bersalaman dan berfoto bersama yang menandakan kedua tim sama-sama menjunjung tinggi fair play dan nilai-nilai sportifitas dalam pertandingan ini.

 

Selepas pertandingan, tim OEANG FC makan siang bersama di kantin koperasi KPPN Lhokseumawe sebelum kembali ke Banda Aceh sekitar pukul 14.00 WIB. Semoga pertandingan persahabatan ini semakin mempererat hubungan baik dan silaturahmi antara Kementerian Keuangan Aceh dengan Universitas Malikussaleh, juga semakin menjaga kekompakan antar anggota, khususnya yang tergabung dalam tim OEANG FC.

 

Berikut susunan pemain tim OEANG FC dalam laga eksibisi melawan Unimal FC :

DJPb : Bakhtaruddin, Syahrial, Jakfar; Budi, Cecen, Zakaria 'Jek', Suryadi, Irwan;

DJKN : Zaini 'Zein', Nofiansyah 'Ian', Gimor, Hendra;

DJP : Abdullah, Aris;

GKN : Khaidir, Iwan, Zulkarnain;

Rian (BTN);

Herman (Penjaga gawang, BCA);

Effendi (Penjaga gawang, BPTU).

 

Kegiatan Terkait :

Laga Sepakbola Persahabatan Kemenkeu Banda Aceh vs Pemko Banda Aceh

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search