Service Excellence Pegawai KPPN Banda Aceh Tahun 2016

Banda Seafood Restaurant kembali dipilih sebagai lokasi pelaksanaan salah satu kegiatan KPPN Banda Aceh, kali ini bertajuk Service Excellence Pegawai KPPN Banda Aceh Tahun 2016. Kegiatan ini dilangsungkan Jumat (25/11) selepas jam kerja, dengan menghadirkan tim narasumber/trainers dari BNI Syariah Banda Aceh, dan turut mengundang Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, Bakhtaruddin, yang diagendakan memberikan kata sambutan dan menyerahkan piagam penghargaan pegawai Ditjen Perbendaharaan yang memiliki prestasi kerja tingkat eselon II.

Kegiatan yang dipandu oleh Ellisa Fitriani dibuka oleh sambutan Kepala KPPN Banda Aceh, Ahmad Fauzi, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan sesuai dengan Perdirjen Perbendaharaan nomor 30/PB/2012 tentang Tata Kelola Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Percontohan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholders dan masyarakat. Di tahun 2017, KPPN Banda Aceh bertekad menjadi kantor berpredikat Zona Wilayah bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yang salah satu syaratnya harus mendapatkan nilai kepuasan tinggi dari stakeholders dalam hal pelayanan.

 

Dalam sambutannya, Bakhtaruddin mengatakan bahwa sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah, good governance dan clean government merupakan tujuan akhir dari organisasi, terutama Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Nilai-nilai Kemenkeu merupakan bagian dari service excellence dimana Pelayanan dan Kesempurnaan merupakan dua unsur utama yang terkandung di dalamnya. Service excellence pada prinsipnya adalah kegiatan yang menuju atau berorientasi pada perbaikan atau kesempurnaan pelayanan terhadap stakeholders. Diperlukan pelatihan semacam ini untuk memenuhi tuntutan dan memuaskan harapan stakeholders. Tentunya narasumber/trainers harus berasal dari kalangan yang andal di bidangnya, oleh karena itu dipilihlah lembaga perbankan yang umumnya memiliki kualitas pelayanan lebih baik dibandingkan instansi pemerintahan. Selanjutnya, kunci keberhasilan pelayanan prima adalah visi, kontinuitas/konsistensi, dan kepercayaan diri, serta kebanggaan terhadap institusi/organisasi.

 

Dalam kesempatan ini, Bakhtaruddin juga menyampaikan piagam penghargaan pegawai berprestasi tingkat eselon II lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh kepada Kepala Seksi Bank KPPN Banda Aceh, Ratnawati. "Beliau menunjukkan semangat kerja dan kapasitasnya," ujar Bakhtaruddin. Piagam ini berasal langsung dari Dirjen Perbendaharaan. Selanjutnya Bakhtaruddin berharap ke depan makin banyak pegawai KPPN Banda Aceh yang menerima penghargaan serupa karena KPPN Banda Aceh memiliki nilai lebih dalam hal jumlah satuan kerja yang sangat banyak dan melebihi kapasitas.

"Tak pernah putus rasa syukur dan terima kasih saya atas penghargaan ini, pertama khususnya kepada para staf saya yang banyak membantu, saya cuma me-manage mereka, merekalah yang bekerja di bawah... Mudah-mudahan dengan prestasi yang saya dapatkan ini, bisa menjadi contoh bagi teman-teman yang lain," ujar Ratnawati.

 

Materi pertama mengenai teori service excellence disampaikan oleh M. HaramainCustomer Service Head BNI Syariah Banda Aceh. Dalam materi ini, narasumber banyak membahas tentang hal-hal yang perlu dan tidak boleh dilakukan dan/atau diucapkan sebelum, saat, dan selepas melayani nasabah/stakeholders. Disamping itu, turut dibahas mengenai grooming atau etika berpenampilan dalam melayani. Poin penting dari pelayanan prima adalah adanya niat dan kesadaran pribadi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada orang lain, merupakan ibadah. "Dengan niat dan ibadah, maka nilai yang kita sampaikan kepada orang lain bukan lagi tentang 'Anda atau saya', melainkan keinginan kita untuk memberikan yang terbaik dengan ikhlas dan mengharapkan imbalan semata dari Tuhan Yang Maha Kuasa", ujarnya. Selanjutnya, M. Haramain juga menyampaikan 2 (dua) Indikator Layanan, yaitu : 1) Fisik : bagaimana kondisi dan suasana kantor juga turut berperan dalam menentukan penilaian nasabah/stakeholders (customer experience). Suasana yang dimaksud meliputi kebersihan kantor, teknologi yang digunakan, sarana dan prasarana memadai, suhu dan cahaya ruangan, dan sebagainya; serta 2) Sumber Daya Insani (aspek manusia) : Sikap dan skill melayani, termasuk pengetahuan dan kemampuan memberikan solusi.

 

Selepas shalat Maghrib, kegiatan dilanjutkan dengan makan malam bersama di Banda Seafood Restaurant.

 

Kegiatan Terkait :

 

  1. Capacity Building & Service Excellence Tahun 2015;
  2. Makan Malam Bersama Para Pegawai KPPN Banda Aceh di Banda Seafood Restaurant.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search