KEGIATAN SOSIALISASI APLIKASI SAKTI WEB FULL MODULE

 oleh: Diani Toiriyah, Pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan

 

          Aplikasi SAKTI WEB modul Penganggaran telah digunakan dalam pengajuan revisi anggaran TA 2020 dan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAK/L) TA 2021 yang menerapkan Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran (RSPP). Selanjutnya implementasi Aplikasi SAKTI berbasis web akan diperluas kepada kelompok Modul Pelaksanaan dan Modul Pelaporan.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman pejabat/pegawai Satker terhadap perluasan Aplikasi SAKTI Web tersebut, KPPN Banda Aceh telah melaksanakan Sosialisasi Aplikasi SAKTI Web kelompok Modul Pelaksanaan dan Pelaporan Satker Piloting Aplikasi SAKTI Desktop pada hari Kamis, 24 September 2020 yang dimulai dari pukul 09.00 s.d. 10.30 WIB. Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah :

  1. Memberikan pemahaman kepada Satker terhadap perluasan Aplikasi SAKTI Web Full Module.
  2. Menginformasikan penggunaan OTP (One Time Password) sebagai pengganti PIN pada Aplikasi SAKTI Web.

          Memberikan pemahaman kepada Satker mengenai pentingnya kesadaran keamanan (security awareness) pada transaksi keuangan negara. Mengingat saat ini masih dalam keadaan darurat Covid-19, selaras dengan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan virus Covid-19 kegiatan sosialiasi dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Operator Aplikasi SAKTI pada Satker lingkup wilayah KPPN Banda Aceh yang sudah mengimplementasikan Aplikasi SAKTI berbasis desktop. Hasil yang dicapai dari kegiatan sosialisasi tersebut adalah:

  1. Satker yang menggunakan Aplikasi SAKTI berbasis desktop telah memiliki kesiapan dan mendukung implementasi Aplikasi SAKTI berbasis Web Full Module.
  2. Implementasi SAKTI Berbasis Web Full Module untuk Satker Piloting Aplikasi SAKTI berbasis desktop direncanakan akan dilaksanakan secara bertahap pada tahun 2020.
  3. Satker pengguna Aplikasi Sakti Berbasis Desktop telah memahami OTP pada setiap transaksi di Aplikasi SAKTI.

 

          Untuk mencapai hasil yang maksimal KPPN Banda Aceh akan terus melakukan pendampingan terkait dengan peralihan Aplikasi SAKTI berbasis desktop ke Aplikasi SAKTI berbasis Web.

 

Editor : Julio Maulid Borizki

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search