Corner Day Transformasi Kelembagaan Tahun 2016 : Belajar dari Finlandia

Tahukah Anda bahwa Finlandia menduduki posisi dua besar sebagai negara bebas korupsi? Ya, menurut data Corruption Perception Index yang dirilis oleh Transparency International tahun 2015, negara dengan sistem pendidikan terbaik versi Programme for International Student Assessment (PISA), hanya kalah oleh Denmark. Selain itu, Finlandia juga menyimpan makna tersendiri bagi rakyat Aceh, karena di Ibukota Helsinki, Memorandum of Understanding (MoU) antara GAM dan Pemerintah R.I resmi ditandatangani tahun 2005 lalu. Untuk alasan-alasan inilah, KPPN Banda Aceh memilih Finlandia sebagai tema dalam kegiatan Corner DayTransformasi Kelembagaan Tahun 2016 yang dilaksanakan tanggal 23 September 2016, bertempat di ruang layanan KPPN Banda Aceh.

 

Dimulai setelah berakhirnya jam kerja, acara Corner Day disusun sedemikian rupa mengambil konsep knowledge tour. Dimulai dengan tur singkat para pegawai KPPN Banda Aceh yang diperkenalkan selayang pandang tentang Finlandia oleh tour guide. Di sesi awal ini, pegawai KPPN Banda Aceh, Josua Herry Martua Saragi, bertindak sebagai tour guide yang memandu dan menjelaskan secara santai beberapa fakta tentang Finlandia, diantaranya seperti disebutkan di atas. Finlandia merupakan salah satu negara yang sukses menerapkan clean government dan good governance. Pemerintah dan rakyat Finlandia memiliki semangat dan kemauan untuk bangkit dan berubah dari 'keterpurukan' akibat perang menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Para pegawai KPPN Banda Aceh diharapkan mampu menularkan semangat perubahan tersebut untuk mewujudkan visi Ditjen Perbendaharaan : to be a world-class state treasury manager. Di sesi ini, tour guide juga memberikan kuis seputar Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan, kuis ini berhadiah doorprize menarik, diantaranya waterproof bag, neck pillowthermos, dan sebagainya. Setelah sesi tour di Finlandia selesai, para pegawai diarahkan untuk kembali ke Indonesia.

 

Sesi materi di Indonesia, dipandu langsung oleh Duta Transformasi Kelembagaan (TK) KPPN Banda Aceh, Tyo Widayanto. Di sini, Duta TK tak hanya menjelaskan mengenai Quickwins Ditjen Perbendaharaan Tahun 2016, melainkan juga menyampaikan bahwa KPPN Banda Aceh juga memiliki beberapa quickwins di tahun 2016, diantaranya : 1) Pembentukan Unit Layanan Filial KPPN Banda Aceh di Kota Sigli; 2) Mempertahankan Sertifikasi ISO 9001:2008; 3) Mempertahankan predikat sebagai KPPN Terbaik Hasil Pembinaan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh. Di sesi ini, Duta TK memutar video bertema Transformasi Organisasi yang berisikan seputar kegiatan Ditjen Perbendaharaan dalam memperkenalkan dan mewujudkan quickwins tahun 2016. Duta TK dengan lugas memberikan pemaparan tentang tema Quickwins TK DJPBN 2016 : 1) Disbursement and Receipt; 2) Liquidity management; 3) Accounting and Reporting; dan 4) Special Mission dan Transformation Organization. Selain itu, dijelaskan juga tentang capaian progress quickwins sampai dengan bulan Agustus 2016 (16 tema quickwins) yang merupakan bagian dari perubahan ke arah kebaikan menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia, dengan 5 (lima) prinsip transformasi yang menjadi dasar pembangunan keseluruhan transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan, yaitu : 1) memperkuat budaya akuntabilitas berorientasi outcome; 2) merevisi model operasional merampingkan proses bisnis mempercepat digitalisasi pada skala besar; 3) membuat struktur organisasi yang lebih fit-for-purpose dan efektif, 4) menghargai kontribusi pegawai yang berprestasi, dengan mengembangkan dan memberdayakan mereka untuk memperoleh dan membangun keahlian fungsional yang penting; serta 5) menjadi lebih proaktif dalam mempengaruhi para pemangku kepentingan untuk menghasilkan terobosan. Diantara kegiatan, Duta TK juga memberikan kuis seputar Quickwins Ditjen Perbendaharaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta tur (pegawai).

 

Di akhir sesi, diadakan pengundian lucky draw, penulisan harapan untuk Ditjen Perbendaharaan di selembar kertas untuk ditempelkan pada Pohon Harapan, pengisian survei Transformasi Kelembagaan, serta deklarasi lisan para pejabat dan pegawai KPPN Banda Aceh untuk mendukung Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan. Semoga negara kita bisa belajar dari Finlandia, meskipun awalnya mayoritas rakyatnya merupakan petani miskin, namun dengan penerapan sistem pendidikan dan pemerintahan yang baik, negara ini tumbuh menjadi salah satu negara maju di dunia dengan indeks korupsi minimal.

Salam Transformasi!

 

Simak video liputan kegiatan Corner Day Transformasi Kelembagaan Tahun 2016, di tautan Youtube berikut :

Video Liputan Corner Day Transformasi Kelembagaan Tahun 2016 KPPN Banda Aceh.

 

Kegiatan Terkait :

Corner Day Transformasi Kelembagaan Tahun 2015.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search