Capacity Building KPPN Banda Aceh Tahun 2017 : Sinergi dalam Bekerja, Prima dalam pelayanan

Komplek Wisata Alam Taman Rusa di Desa Lamtanjong, Kabupaten Aceh Besar, menjadi lokasi kegiatan Capacity Building KPPN Banda Aceh Tahun 2017 yang dilaksanakan pada Sabtu (26/8). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai KPPN Banda Aceh beserta keluarga, dan juga para mahasiswi dan siswa/i yang sedang melaksanakan praktek kerja lapangan di KPPN Banda Aceh. Seperti biasa, kegiatan ini dikemas dalam bentuk outbond games yang dimainkan penuh kesenangan namun tetap membutuhkan konsentrasi dan taktik.

 

Tagline yang diusung kali ini berbunyi : Sinergi dalam Bekerja, Prima dalam Pelayanan. Sinergi merupakan salah satu dari lima Nilai Kementerian Keuangan yang memiliki makna membangun hubungan kerjasama yang produktif antar rekan kerja. Makna keseluruhan dari tagline adalah melalui kegiatan capacity building, diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas kerjasama di antara sesama pegawai KPPN Banda Aceh, sehingga pelayanan prima yang selama ini menjadi prioritas KPPN Banda Aceh akan bisa terus dipertahankan, bahkan mengalami peningkatan dari segi produktivitas.

Dalam kegiatan kali ini, KPPN Banda Aceh menggunakan jasa instruktur dari Excellent Power Indonesia (acehexcellent.com) yang telah mendapatkan sertifikat tingkat nasional. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala KPPN Banda Aceh, Ahmad Fauzi, yang mengatakan bahwa kegiatan capacity building rutin dilakukan setiap tahun untuk menguji kedisiplinan dan kerjasama/sinergi, serta meningkatkan motivasi para pegawai KPPN Banda Aceh dalam menyelesaikan pekerjaan. Selanjutnya kegiatan dibimbing oleh para instruktur, dimulai dengan membuat yel-yel dan membagi peserta menjadi beberapa kelompok.

 

Cuaca cukup terik saat kegiatan dilangsungkan, padahal belum memasuki tengah hari. Namun demikian, para pegawai tetap antusias memainkan rangkaian permainan dan meneriakkan yel-yel. Aneka permainan dikemas sedemikian rupa yang membutuhkan konsentrasi, kerjasama dan koordinasi antar anggota kelompok, namun tetap dalam suasana yang menyenangkan dan penuh tawa. Setiap permainan memiliki maknanya tersendiri, seperti tentang bagaimana sebuah kelompok harus bekerjasama dengan baik dalam memecahkan berbagai permasalahan, termasuk belajar dan bangkit dari pengalaman kegagalan. Kegagalan sendiri biasa timbul dari kurangnya koordinasi, baik antar pimpinan dan bawahan, sesama jenjang, maupun kurangnya koordinasi dengan pihak-pihak luar.

 

Menjelang tengah hari, cuaca terik dan suhu tinggi sepertinya tak memberikan kompromi, sehingga kegiatan harus lebih cepat diakhiri dengan pertimbangan kondisi pegawai yang tak memungkinkan untuk melanjutkan kegiatan di bawah kondisi seperti itu. Selepas makan siang bersama, para pegawai bebas melakukan aktivitas di kawasan wisata keluarga Taman Rusa. Beberapa pegawai mencoba beberapa wahana permainan yang tersedia, sebagian lagi memilih berkeliling menggunakan wahana kereta api mini, berenang, berkeliling di kebun binatang mini, atau sekedar duduk santai menikmati suasana sekitar. Lokasi kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 5 hektare dilengkapi berbagai wahana permainan, kolam renang berbagai ukuran dan kedalaman, danau, areal memancing, serta memiliki sekitar 54 jenis satwa yang berasal dari dalam dan luar negeri.

 

Kegiatan terkait :

  1. Capacity Building KPPN Banda Aceh Tahun 2016 : Unity is Strength;
  2. Capacity Building dan Service Excellence Tahun 2015;
  3. Capacity Building Tahun 2014 : Hari Ceria, No Stres;
  4. Family Gathering Tahun 2014 : Refresh Up;
  5. Family Gathering KPPN Banda Aceh Tahun 2013.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search