Asistensi dan Evaluasi Aplikasi SAKTI Satker USK di KPPN Banda Aceh

 

 

 

 

Aplikasi sakti merupakan sebuah aplikasi yang mengintegrasikan seluruh aplikasi yang terkait dengan pengelolaan keuangan tingkat instansi, yang terdiri dari 8 (delapan) modul sebagai berikut:

  1. Modul penganggaran
  2. Modul komitmen
  3. Modul pembayaran
  4. Modul bendahara
  5. Modul persediaan
  6. Modul aset tetap
  7. Modul pelaporan
  8. Modul administrator

 

 

 

 

Beberapa waktu lalu  Selasa, (13/9) telah dilaksanakan pertemuan kepala KPPN Banda Aceh dan Rektor di Gedung Rektorat Universitas Syiah Kuala (USK), yang membahas pencapaian realisasi Indikator Kinerja Pelaksaaan Anggaran  (IKPA) pada triwulan III tahun 2022. Pada pertemuan tersebut, pihak USK menyampaikan beberapa kendala dalam proses pelaksanaan anggaran satu diantaranya terkait masalah pemahaman para operator dalam penginputan data khususnya dalam modul komitmen. Kemudian  pihak KPPN banda aceh menawarkan untuk memberikan asistensi dan bimbingan secara gratis kepada operator penginput data modul komitmen yang dilaksanakan di KPPN Banda Aceh. Dengan harapan dapat memperlancar proses pelaksanaan anggaran di sakter USK.

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Rabu(21/9) KPPN Banda Aceh melaksanaan asistensi dan evaluasi aplikasi SAKTI  pada satker Univerrsitas Syah Kuala (USK). Dalam kegiatan ini, pihak USK mengirimkan 30 orang operator komitmen dari setiap unit (fakultas) untuk mendapatkan pelatihan khusus terkait penggunaan modul komitmen. Sedangkan pelaksanaan pendampingannya dilakukan setiap hari kamis yang terbagi dalam 2 sesi, pagi dimulai pukul (09.30-11.30), sedangkan sesi kedua dimulai pukul (14.30-16.30).

 

 

 

 

Kepala KPPN Banda Aceh bapak Ahmad Fahmi mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan semangat serta kedisiplinan yang tinggi sehingga kegiatan asistensi ini dapat berjalan sesuai dengan harapan dan dapat memberikan output dalam peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran pada satker USK.

Ibu Rita salah satu peserta dari USK mengharapkan “semoga pelaksanaan asistensi aplikasi sakti ini bisa menambah ilmu bagi kami sebagai operator dimodul komitmen ini.”

 

 

Kontributor: Annisa & Cut Renita

Editor: Ida 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search