KPPN AWARDS TAHUN 2023

 

Penerima Penghargaan IKPA dengan nilai SEMPURNA

 

 

 

Pada hari Kamis, 23 Februari 2023, KPPN Banda Aceh menggelar acara KPPN AWARDS yang bertempat di Academic Activity Center (AAC) Dayan Dawood Auditorium, Universitas Syah Kuala.  KPPN Awards merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para stakeholders, terutama satuan kerja yang memiliki kinerja pengelolaan keuangan terbaik. Pada gelaran tersebut, KPPN Banda Aceh dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekda, Para Kepala Daerah Kabupaten dan Kota , serta Para Kuasa Pengguna Anggaran di Wilayah Kerja KPPN Banda Aceh

Acara diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Bapak Arif Hermanu dan Pembacaan Doa oleh Irfan Ikhsani. Agenda selanjutnya adalah opening remark oleh Plt. Kepala KPPN Banda Aceh, Bapak Mohamad Hadad. Pada paparannya, beliau menyampaikan bahwa realisasi belanja Tahun 2022 yang terdiri dari belanja  pegawai (96,76%), belanja barang (96,10%), belanja modal (97,60%), dan belanja bantuan sosial (100%)serta realisasi DAK Fisik dan Dana Desa (98,11%). 

Beliau juga menyampaikan capaian nilai kinerja pelakanaan anggaran KPPN Banda Aceh selaku Kuasa BUN sebesar 94,11. Pada kesempatan tersebut beliau juga mengingatkan kembali tentang penguatan anti korupsi yang terdiri dari 9 nilai antikorupsi KPK yaitu Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja Keras, Sederhana, Berani, dan Adil.

Agenda  dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Aceh, Bapak Izharul Haq. Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa prestasi yang telah dicapai saat ini harus ditingkatkan di Tahun 2023.

Beliau juga berharap bahwa kualitas belanja harus terus ditingkatkan khususnya pada sisi perencanaan untuk menghindari tingginya deviasi perencanaan dan pelaksanaan anggaran.

"Deviasi perencanaan dan pelaksanaan anggaran berdampak signifikan pada kinerja pelaksanaan anggaran, sehingga diperlukan kualitas perencanaan yang baik."

Beliau juga mengingatkan untuk tidak menumpuk realisasi anggaran di Triwulan IV.

“Kalau bisa upayakan jangan menumpuk di Triwulan IV. Kalau di triwulan IV pastinya akan terdampak pada ekonomi tahun depan. Kita ingin APBN tahun ini harus dirasakan tahun ini juga oleh masyarakat.” kata Pak Izharul Haq.

 

 Setelah keynote speech, dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada para steholders, dengan kategori penghargaan sebagai berikut:

1.   PEMDA dengan penyaluran TKD terbaik;
2.   Pembina Pengelola Keuangan Terbaik;
3.   Satker dengan Tingkat Akurasi SPM Terbaik untuk pagu besar, pagu sedang, dan pagu kecil;
4.   Pengelolaan Rekening Terbaik;
5.   Pengajuan Gaji Induk Tercepat;
6.   Penggunaan CMS Terbaik;
7.   Pengguna Layanan HAI CSO Terbaik;
8.   Rekonsiliasi Laporan Keuangan Terbaik;
9.   LPJ Terbaik;
10. Penyerapan Anggaran Terbaik untuk pagu besar, pagu sedang, dan pagu kecil;
11. Pengiriman Capaian Output Tercepat, Tepat, dan Akurat ;
12. IKPA Terbaik untuk pagu besar, pagu sedang dan pagu kecil
13. IKPA Nilai SEMPURNA (NILAI 100)

Kategori IKPA dengan nilai SEMPURNA merupakan kategori terbaik yang diberikan kepada satuan kerja yang memperoleh nilai 100 pada Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022. Penghargaan tersebut diraih oleh 4 (empat) satuan kerja dari 335 satker lingkup KPPN Banda Aceh, yaitu:

✓ BIDKEU POLDA ACEH
✓ DITPAMOBVIT POLDA ACEH
✓ KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BC (KPPBC) BANDA ACEH
✓ KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) BANDA ACEH

 

 

 

 

 

 

Kontributor: Ida Najati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search